Sukses

Bertemu Jokowi, Zulkifli Hasan Tegaskan Tak Bahas Koalisi

Zulkifli Hasan mencontohkan, pertemuannya dengan Jokowi adalah upaya mencari solusi bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dia mengaku, dalam pertemuan itu tak membahas masalah koalisi.

"Kami tidak bahas sama sekali soal BPN, TKN. Tidak. Apalagi koalisi, enggak (dibahas)," ujar Zulkifli Hasan di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (22/5/2019).

Ketua Umum PAN itu menilai, isu SARA dalam Pemilu 2019 membuat kondisi masyarakat terpecah belah. Pria yang kerap disapa Zulhas ini pun mengajak semua pihak merajut kembali persatuan Indonesia, pascapengumuman hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut dia, silaturahmi menjadi salah satu kunci untuk mencari jalan keluar bersama. Zulkifli Hasan lalu mencontohkan pertemuannya dengan Jokowi adalah upaya mencari solusi bersama.

"Tentu silaturahmi seperti ini. Kalau ketemu, pasti ada solusi jalan keluar. Kalau tidak tentu akan sulit. Jadi yang Indonesia menang apabila bisa menjahit kembali merah putih," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beberapa Kali Bertemu

Jokowi dan Zulhas telah beberapa kali bertemu dalam acara kenegaraan. Keduanya bertemu usai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di Istana Negara Jakarta, pada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Rabu 24 April 2019.

Zulkifli tak sendiri dalam pertemuan itu, ia ditemani Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Usai berbincang dengan Jokowi dan sejumlah elite politik, Zulkifli mengaku membahas beberapa hal, salah satunya persoalan pemilihan umum (Pemilu) 2019. Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengeluhkan durasi Pemilu yang begitu lama hingga delapan bulan.

Jokowi juga mengundang Zulhas dalam acara buka bersama dengan para pimpinan lembaga di Istana Negara Jakarta pada Senin 6 Mei 2019. Selang beberapa hari kemudian, Zulhas pun mengundang mantan Walikota Solo itu untuk berbuka puasa bersama di rumah dinasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.