Water Cannon Buka Jalan Tanah Abang

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2019, 04:59 WIB
Diperbarui 22 Mei 2019, 05:18 WIB
Kawasan Tanah Abang Rusuh Polisi Paksa Mundur Massa Aksi

Liputan6.com, Jakarta - Dua water cannon dan dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk membuka jalan ke arah Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jalan ini sempat dibarikade massa, Jakarta, Rabu (22/5/2019) dini hari.

Antaranews menyebut Jalan Wahid Hasyim ke arah Pasar Tanah Abang sempat dibarikade oleh massa yang bertahan mulai dari jembatan antargedung Pasar Tanah Abang hingga ke sekitaran underpass Tanah Abang.

Barikade dibangun dengan menggunakan ban bekas, ranting pohon dan berbagai barang yang cukup besar dan dalam keadaan dibakar.

"Maju," kata suara dari mobil komando memerintahkan pasukan antihuru-hara untuk mendorong massa.

Setelah bisa mendorong massa dan membuka ruang agar water cannon dan mobil pemadam bisa menyiram air pada benda-benda yang dibakar pasukan tersebut membersihkan benda-benda yang dibakar.

Pasukan antihuru-hara polisi akhirnya bisa mendorong massa hingga ke underpass Tanah Abang, namun massa yang bertahan di seberang underpass, Pasar Blok A dan Jalan Jatibaru masih melakukan perlawanan dengan menggunakan petasan.

2 dari 2 halaman

Minta Warga Tak Keluar Rumah

Kawasan Tanah Abang Rusuh Polisi Paksa Mundur Massa Aksi
Seorang demonstran melakukan perlawanan ke arah barikade Polisi di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019). Massa terus melakukan perlawanan meski polisi menembakkan gas air mata pasca buntut dari unjuk rasa di depan kantor Bawaslu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara, pemuka agama di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat meminta warga tidak keluar rumah. Petamburan merupakan kelurahan terdekat dengan Pasar Tanah Abang.

"Tadi pukul 03.46 WIB dari masjid diumumin agar tak keluar rumah," ujar salah satu warga di Petamburan kepada Merdeka, Rabu (22/5/2019).

 

Reporter: Intan Umbari

Lanjutkan Membaca ↓