Bertemu di Istana, Jokowi dan Megawati Saling Ucapkan Selamat

Oleh Lizsa Egeham pada 21 Mei 2019, 17:06 WIB
Diperbarui 23 Mei 2019, 16:14 WIB
Lizsa Egeham/Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Wapres ke-6 RI Try Sutrisno menemui Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Kunjungan keduanya untuk memberikan selamat kepada Jokowi karena unggul Pilpres berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Intinya beliau berdua mengucapkan selamat atas pengumuman dari KPU tadi pagi yang sudah memberikan angka yang jelas yaitu 55,5 persen untuk Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Jokowi usai bertemu Megawati.

Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Megawati karena PDIP berhasil memperoleh angka tertinggi 19,33 persen dalam Pemilu 2019. Dia menegaskan, pertemuan tersebut tidak ada membahas soal susunan kabinet. Sebab, menurut Jokowi, saat ini ini baru pengumuman hasil rekapitulasi nasional.

"Nanti lah, kan baru diumumkan. kita pas sahur baru tahu kalau sudah diumumkan KPU ya," jelasnya.

Megawati mengaku sengaja menemui Jokowi di Istana bersama Try Soetrisno untuk mengucapkan selamat kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Megawati menyebut dirinya ingin menjadi yang pertama mengucapkan selamat ke Jokowi.

"Dan saya juga sebagai Ketua Dewan BPIP, makanya saya ajak Pak Try, untuk ayok pak bareng-bareng kasih ucapan selamat supaya kita nomor satu. Jangan yang lainnya dulu," ujar Megawati.

Sementara itu Try Soetrisno mendoakan agar Jokowi di periode kedua kepemimpinannya bisa terus amanah mendahulukan kepentingan rakyat. Dia juga berpesan agar masyarakat bisa bersatu setelah terbelah pascapemilu.

"Saya doakan supaya Indonesia setelah pemilu kita sadar sebagai rakyat bangsa yang religius, kita singgung bagaimana konsolidasi. Karena kita dengan kuat bersatu padu jadi kuat. Kalau kita tidak bersatu padu kita kan melemah dan berbahaya," tutur Try.

2 of 2

Penetapan KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN, yakni pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen. Sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Jokowi sendiri telah menyampaikan pidato kemenangan di Kampung Deret Tanah Tinggi Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Jokowi pun berterimakasih kepada rakyat Indonesia karena telah menentukan hasil pilpres dan pileg dengan baik.

"Saya dan Kiai Ma'ruf Amin, mengucapkan terimakasih atas penyelenggaraan pemilu yang berlangsung damai dan penuh kegembiraan," kata Jokowi di Kampung Deret.

Atas kemenangannya di Pilpres 2019 ini, Jokowi dan Ma'ruf Amin pun berjanji akan menjaga kepercayaan dan amanah rakyat Indonesia.

"Setelah dilantik di bulan Oktober, kami adalah presiden dan wakil presiden seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi. "Kami akan menjadi pengayom bagi 100 persen rakyat Indonesia. Kami akan berjuang keras bagi keadilan sosial bagi 100 persen rakyat Indonesia," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait