Sukses

KPU Umumkan Hasil Pilpres Lebih Cepat, Pertemuan Jokowi dan AHY Ditunda

Adita menjelaskan pertemuan tersebut ditunda lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu lebih cepat dari jadwal.

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua MPR Zulkifli Hasan ditunda hingga Rabu, 22 Mei 2019 besok. Jokowi awalnya dijadwalkan bertemu AHY dan Zulhas di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (21/5/2019).

"Iya (pertemuan dengan AHY dan Zulhas) ditunda," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (21/5/2019).

Adita menjelaskan pertemuan tersebut ditunda lantaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu lebih cepat dari jadwal.

"Ada pertimbangan lain terkait hasil pemilu yang diumumkan lebih cepat," katanya.

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean membenarkan bahwa pertemuan AHY dan Jokowi tersebut batal digelar hari.

Menurut dia, pertemuan tersebut ditunda karena Jokowi memiliki agenda yang harus dilakukan pasca pengumuman hasil Pilpres oleh KPU pada Selasa dini hari. Ferdinand mengatakan pertemuan Jokowi dan AHY dijadwalkan kembali menjadi Rabu besok.

"Pertemuan tersebut ditunda karena hari ini Presiden punya agenda yang harus dilaksanakan pasca pengumuman KPU tadi malam. Maka pertemuan dijadwal ulang rencananya besok," ujar Ferdinand saat dikonfirmasi, Selasa (21/5/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penetapan Presiden Terpilih

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN, yakni pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen. Sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Jokowi sebelumnya telah bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Jokowi dan AHY bertemu di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis sore, 2 Mei 2019. Pertemuan yang dilakukan secara tertutup dan hanya empat mata itu berlangsung selama 30 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • AHY