Sukses

Gempa Hari Ini dari Pangandaran, Mamasa hingga Papua

Dari ketiga gempa, magnitudo terbesar berada di Kabupaten Pangandaran. BMKG menyebut kekuatan lindu bermagnitudo 5,9.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini ada tiga wilayah di Tanah Air yang diguncang lindu. Gempa pertama terjadi di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, pukul 00.25 WIB, Sabtu (18/5/2019). 

Sementara, gempa kedua dan ketiga menggoyang Kabupaten Jayapura, Papua dan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. 

Dilansir dari laman resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa hari ini terjadi dalam kurun waktu pukul 00.25 WIB hingga pukul 08.51 WIB.

Dari ketiga gempa, magnitudo terbesar berada di Kabupaten Pangandaran. BMKG menyebut kekuatan lindu bermagnitudo 5,9. Namun, belakangan gempa dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,6.

Hingga berita ini diturunkan belum ada kabar terkait jatuhnya korban maupun kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan akibat gempa. Lalu,apakah gempa yang terjadi hari ini di ketiga wilayah berpotensi tsunami?

Berikut informasi selengkapnya dari tiga gempa hari ini: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gempa Mamasa

Gempa bermagnitudo 3,3 terjadi pukul 00.25 WIB di Kabupaten Mamasa, Sulbar. Pusat gempa terjadi di darat dan tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, lokasi gempa diungkap BMKG terjadi di 6 kilometer timur laut Kabupaten Mamasa dengan kedalaman mencapai 8 km.

Ada pun titik koordinat gempa terletak pada 3,08 Lintang Selatan dan 119,45 Bujur Timur. 

3 dari 4 halaman

Gempa Papua

Sementara gempa di Jayapura, Papua terjadi pada pukul 06.02 WIB. Kuatnya gempa mencapai mangnitudo 5,0. Gempa tak berpotensi tsunami.

BMKG menyebut lokasi gempa terjadi 36 km bagian tenggara Kabupaten Jayapura, Papua dengan kedalaman mencapai 115 kilometer.

Sedangkan koordinat titik gempa berada di -3,21 Lintang Selayan dan 140,1 Bujur Timur. 

4 dari 4 halaman

Gempa Pangandaran

Gempa dengan magnitudo 5,6 mengguncang Pangandaran pada pukul 08.51 WIB. Lindu juga tak berpotensi tsunami.

BMKG mengungkap lokasi gempa berada di 219 km bagian tenggara Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat dengan kedalaman 32 kilometer. 

Sedangkan koordinat titik gempa terletak di -9.68 Lintang Selatan (LS) dan 108,57 Bujur Timur (BT). 

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi