12 Jam Menyusuri Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya

Oleh Ady Anugrahadi pada 18 Mei 2019, 12:39 WIB
Menjajal jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju ke Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Tol Trans Jawa yang menghubungkan antara Jakarta dengan Surabaya menjadi salah satu jalan yang akan dipakai masyarakat mudik.

Liputan6.com pun mendapatkan kesempatan menjajal jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju ke Surabaya bersama Korlantas Polri. Perjalanan dimulai dari titik nol Jakarta-Cikampek, pukul 08.00 WIB, Jumat 17 Mei 2019.

Perjalanan menggunakan minibus awalnya berjalan lancar hingga tak lama kemudian merasakan kemacetan dari kilometer 12 sampai ke Gerbang Tol Cikarang Utama.

Penyebabnya karena ada pengerjaan proyek jalan tol layang atau Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated dan pembangunan Light Rail Transit (LRT). Keberadaan alat-alat berat di sana mempersempit badan jalan.

Situasi jalan berubah saat memasuki Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Kondisi jalan didominasi trek lurus. Jalan sepi dan lancar.

Di ruas jalan tol ini, rombongan sempat berhenti sejenak di rest area untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah. Fasilitasnya yang ada di rest area tersebut relatif lengkap.

Selain tempat beribadah, tersedia rumah makan dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

 

2 of 3

Lampu Penerang Masih Minim

Tol Palimanan, menjajal jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju ke Surabaya. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)
Tol Palimanan (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Setelah itu, kendaraan tancap gas terus tanpa berhenti. Liputan6.com melewati ruas Tol Kanci-Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang-Solo-Ngawi.

Pemandangan di kiri dan kanan sepanjang jalan ruas tol sangat memanjakan mata pengendara. Tapi, harus berhati-hati di kilometer 420 hingga kilometer 575. Pasalnya kondisi jalan kurang bersahabat.

Ada beberapa tanjakan, utamanya, di kilometer 440 sampai kilometer 460. Kemudian turunan-turunan yang agak terjal. Beberapa rest area masih dalam tahap pembangunan.

Rest area di Ngawi, Jawa Timur (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Seperti rest area yang terdapat kilometer 575. Persinggahan ini sudah tersedia rumah-rumah makan. Namun, belum dilengkapi SPBU.

Catatan lain di ruas Tol Mojokerto-Kertosono, di kilometer 678 sampai 725 km. Pengendara harus waspada karena kontur jalan banyak yang tak rata. Begitu pun lampu penerang jalan yang masih minim.

Liputan6.com pun tiba di Surabaya setelah 12 jam perjalanan. Waktu menunjukkan sekitar pukul 21.00 WIB.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓