Sukses

12 Jam Menyusuri Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya

Perjalanan menggunakan Tol Trans Jawa dimulai dari titik nol Jakarta-Cikampek, Jumat 17 Mei 2019 pukul 08.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Tol Trans Jawa yang menghubungkan antara Jakarta dengan Surabaya menjadi salah satu jalan yang akan dipakai masyarakat mudik.

Liputan6.com pun mendapatkan kesempatan menjajal jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta menuju ke Surabaya bersama Korlantas Polri. Perjalanan dimulai dari titik nol Jakarta-Cikampek, pukul 08.00 WIB, Jumat 17 Mei 2019.

Perjalanan menggunakan minibus awalnya berjalan lancar hingga tak lama kemudian merasakan kemacetan dari kilometer 12 sampai ke Gerbang Tol Cikarang Utama.

Penyebabnya karena ada pengerjaan proyek jalan tol layang atau Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated dan pembangunan Light Rail Transit (LRT). Keberadaan alat-alat berat di sana mempersempit badan jalan.

Situasi jalan berubah saat memasuki Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Kondisi jalan didominasi trek lurus. Jalan sepi dan lancar.

Di ruas jalan tol ini, rombongan sempat berhenti sejenak di rest area untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah. Fasilitasnya yang ada di rest area tersebut relatif lengkap.

Selain tempat beribadah, tersedia rumah makan dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lampu Penerang Masih Minim

Setelah itu, kendaraan tancap gas terus tanpa berhenti. Liputan6.com melewati ruas Tol Kanci-Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang-Solo-Ngawi.

Pemandangan di kiri dan kanan sepanjang jalan ruas tol sangat memanjakan mata pengendara. Tapi, harus berhati-hati di kilometer 420 hingga kilometer 575. Pasalnya kondisi jalan kurang bersahabat.

Ada beberapa tanjakan, utamanya, di kilometer 440 sampai kilometer 460. Kemudian turunan-turunan yang agak terjal. Beberapa rest area masih dalam tahap pembangunan.

Rest area di Ngawi, Jawa Timur (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Seperti rest area yang terdapat kilometer 575. Persinggahan ini sudah tersedia rumah-rumah makan. Namun, belum dilengkapi SPBU.

Catatan lain di ruas Tol Mojokerto-Kertosono, di kilometer 678 sampai 725 km. Pengendara harus waspada karena kontur jalan banyak yang tak rata. Begitu pun lampu penerang jalan yang masih minim.

Liputan6.com pun tiba di Surabaya setelah 12 jam perjalanan. Waktu menunjukkan sekitar pukul 21.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.