Sukses

Imigrasi: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei 2019

Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000 dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam. Kabar ini dibenarkan oleh pihak Direktorat Jenderal Imigasi.

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando mengatakan, Prabowo terbang ke Brunei pada 16 Mei 2019.

"Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," kata Sam Fernando kepada Liputan6.com, Sabtu (18/5/2019).

Dia mengatakan, Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. "Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau," kata Sam.

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam Fernando.

Kabar Prabowo ke luar negeri yaitu ke Brunei sebelumnya dibantah oleh Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Hal ini dikatakan Dahnil terkait foto Prabowo Subianto yang tengah berada di bandara yang diduga di Brunei Darussalam beredar.

Dahnil mengatakan, foto yang beredar tersebut merupakan gambar lama. Sebab, pada Jumat 17 Mei 2019 hingga malam, Prabowo berada di kediamannya.

"Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti seword ini," tulis Dahnil dalam akun twitternya, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo. Prabowo tampak mengenakan setelan jas hitam dan berkacamata hitam.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade juga mengatakan, Prabowo tidak berada di Brunei Darussalam.

"Iya, kalau malam tidur di Hambalang. Siang atau sore nyampe di Kertanegara, kalau malam balik lagi," kata Andre saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu.

Dia pun menegaskan, Prabowo tidak ada niatan ke luar negeri. "Tidak ada," kata Andre.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.