Sukses

Jokowi Pastikan Sirkuit MotoGP Mandalika Rampung 2020

Jokowi memastikan, seluruh infrastruktur serta fasilitas pendukung yang berkaitan dengan ajang MotoGP 2021 rampung pada 2020.

Liputan6.com, Lombok - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau perkembangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia juga meninjau pembangunan sirkuit MotoGP yang berada di kawasan ini.

Menurut dia, saat ini berbagai fasilitas sudah dibangun untuk mendukung KEK Mandalika dan sirkuit MotoGP. Jokowi memastikan, seluruh infrastruktur serta fasilitas pendukung yang berkaitan dengan ajang MotoGP 2021 akan rampung pada 2020.

"Kita juga ingin fasilitas yang berkaitan dengan Moto GP 2021 itu juga segera dikerjakan. Airport sudah, jalan sudah penetapan lokasi sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat itu di Januari 2020," ucap Jokowi saat meninjau lokasi KEK Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (17/5/2019).

Jokowi menegaskan, penyelenggaraan MotoGP ini merupakan upaya pemerintah menggerakkan perekonomian di Lombok. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, peningkatan perekonomian di Lombok dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita mengharapkan ini nanti ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional nanti bisa memberikan support juga pada pertumbuhan ekonomi nasional," jelas dia.

Jokowi pun merasa senang dengan perkembangan pembangunan di KEK Mandalika. Dalam peninjauan ini, Jokowi ingin memastikan pembangunan sejumlah fasilitas dasar yang layak bagi sebuah kawasan pariwisata berjalan sebagaimana mestinya.

Dipandu oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, Jokowi mendapat penjelasan mengenai perkembangan pembangunan fasilitas umum seperti toilet bagi para wisatawan hingga penyediaan air bersih. Dia menuturkan, pembangunan fasilitas di kawasan ini menggunakan standar yang tinggi.

"Fasilitas di sini juga sudah mulai dibangun tadi. Coba nanti dilihat toilet umumnya seperti apa standarnya. Standar tinggi saya kira dimulai sejak awal sehingga jangan sampai kawasan yang sudah sangat indah dan bagus pemberian Allah ini menjadi tidak baik karena salah manajemen dari awal," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan UMKM

Untuk mendukung kawasan wisata tersebut, ITDC juga telah menyelesaikan kawasan yang dimaksudkan bagi para pelaku UMKM dengan mendirikan bazar UMKM di dalam kawasan itu.

Nantinya, bazar tersebut akan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM dan masyarakat yang berdomisili di sekitar kawasan tersebut untuk menjajakan cendera mata, kuliner, dan jasa-jasa lain bagi para wisatawan.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah.

Dari Mandalika, Jokowi akan melanjutkan kunjungan kerja ke Bali. Disana, dia meninjau pelaksanaan Program Dana Desa di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Jokowi beserta rombongan akan bermalam di Bali, untuk melanjutkan kunjungan kerja keesokan harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.