Jelang Idul Fitri, Tempat Penukaran Uang di Sejumlah Daerah Diserbu Warga

Oleh Maria Flora pada 17 Mei 2019, 13:59 WIB

Liputan6.com, Mataram - Berburu dan menukar uang baru, inilah tradisi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri yang tidak pernah terlewatkan. Seperti halnya warga Kota Mataram yang antusias menukarkan uang baru di lapangan Sangkareang, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (17/5/2019), antusiasme masyarakat terlihat dalam transaksi penukaran yang mencapai Rp 3 hingga Rp 4 miliar setiap harinya.

"Ini memang kita laksanakan untuk menghadapi Idul Fitri, karena masyrakat pasti akan membutuhkan," kata Mulyadi, petugas bank. 

Keramaian penukaran uang baru juga terjadi di Yogyakarta. Warga saling berebut nomor antrean agar bisa menukarkan pecahan uang baru. Pasalnya, pecahan uang baru yang disediakan terbatas setiap harinya.

Warga mengaku menukarkan uang untuk keperluan lebaran, berbagi dengan sanak saudara di kampung halaman.

Di Jakarta, pelayanan tukar uang baru dipusatkan di lapangan IRTI Monas, Jakarta. Pelayanan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Layanan penukaran uang ini dilakukan Bank Indonesia untuk mencegah praktik penukaran uang palsu. Lokasi penukaran uang pun selalu ramai dipadati masyarakat. (Rio Audhitama Sihombing)