Sukses

Waspada, Begal Bermodus Lepas Kunci Incar Pengendara Motor di Jaksel

Reza menjelaskan, peristiwa itu terjadi Rabu, 15 Mei 2019 sekira pukul 00.30 WIB. Ia sedang melintas di daerah Gandaria City, Jakarta Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video menampilkan kawanan begal berusaha merampas sepeda motor dengan modus melepas kunci, viral di media sosial.

Rekaman itu pertama kali diunggah oleh akun instagram @rzamotovlog. Korbannya tak lain adalah pemilik akun tersebut. Dia bernama Reza Akum (29).

Reza menjelaskan, peristiwa itu terjadi Rabu, 15 Mei 2019 sekira pukul 00.30 WIB. Ia sedang melintas di daerah Gandaria City, Jakarta Selatan menuju Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Dua orang yang sedang berbocengan tiba-tiba memepet sepeda motornya. Ketika itu, ia tengah berkendara di sekitaran SMP Al-Fajar. Salah satu pelaku mencoba untuk mengambil kunci kontak sepeda motornya, namun gagal.

"Terhalang tangan kanan saya yang sedang pegang stang, reflek langsung saya hentak dengan siku saya dan akhirnya pelaku gagal ambil kunci," ujar Reza kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Reza mengatakan, dirinya saat itu sempat memperlambat laju kendaraan karena para pelaku menghadangnya di depan.

"Saya langsung menurunkan kecepatan sekitar 10-20km per jam, karena jarak pelaku ada dua meter di depan saya. Saya sempat berpikiran untuk berhenti juga namun saya urungkan, karena sadar kalau mereka sepertinya tidak mungkin hanya berdua," imbuh dia.

Ternyata, ketika dirinya menoleh ada satu sepeda motor lain yang mencoba mendekati. "Saya langsung coba menghindar ke kiri. Ketika itu pula saya lihat pelaku di motor pertama turun dari motor. Langsung ketika itu pula saya mencoba untuk segera pergi dari mereka," ucap dia.

Ia menjelaskan, posisinya waktu itu hendak pulang ke rumah di kawasan Kebon Jeruk. Beruntung, Reza tak menjadi korban dari para pelaku begal. Reza mengaku, setiap kali berkendara pasti memasang kamera di sepeda motornya.

"Saya mau pulang dari tempat kerja daerah Kemang," terang dia.

Kasus ini pun sudah dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Selatan dengan nomor laporan LP/1031/K/V/2019/PMJ/ Res Jaksel. Reza berharap, para pelaku bisa segera ditangkap.

"Di samping itu pihak kepolisian tetap memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.