Sukses

Pemilu 2019 Aman dan Damai, Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke TNI-Polri

Jokowi menegaskan, Indonesia merupakan negara yang aman.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI-Polri atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mengamankan Pemilu 2019. Jokowi mengatakan, pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan dengan damai dan aman.

"Atas kerja profesional saudara saudara sekalian sehingga pemilu tanggal 17 April yang lalu berjalan dengan demokratis, jujur, adil, aman, dan damai," kata Jokowi saat menghadiri acara buka puasa bersama TNI-Polri di Lapangan Monas Jakarta, Kamis (16/5/2019).

"Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi atas kerja keras itu," sambungnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bahwa Indonesia adalah negara besar, yang terdiri dari beragam suku, agama, ras, budaya, adat, dan tradisi yang berbeda-beda. Meski beragam, Jokowi menegaskan, Indonesia merupakan negara yang aman.

"Dan itu tidak bisa terjadi stabilitas keamanan dan stabilitas politik kalau TNI dan Polri ini tidak solid dan bersatu," jelas Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan, pemerintah terus memperhatikan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri. Mantan Walikota Solo itu menyatakan, pada tahun lalu tunjangan kinerja dan anggaran operasional Babinsa sudah naik.

Tak hanya itu, pada tahun ini pemerintah juga menaikkan gaji prajurit TNI dan Polri sebesar 5 persen. Jokowi menjelaskan, kenaikan gaji baru sekitar 5 persen karena kondisi ekonomi yang diharapkan meningkat secara tajam masih terkendala penurunan pertumbuhan ekonomi global.

Jokowi juga memastikan, Tunjangan Hari Raya (THR) untuk TNI-Polri cair pada akhir bulan ini. Sementara gaji ke-13, Jokowi menegaskan akan diteima pada Juli 2019.

"Jadi sekali lagi THR Insyallah dapat diterima akhir Mei dan gaji ke-13 akan diterima di bulan Juli nanti," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Puasa di Monas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri undangan buka puasa bersama TNI-Polri di Lapangan Monas Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

Kedatangan Jokowi disambut langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Berdasarkan pantauan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba di Lapangan Monas sekitar pukul 17.05 WIB. Jokowi yang mengenakan kemeja bewarna putih dibalut dengan jas, disambut dengan shalawat badar dari anggota TNI-Polri.

Jokowi lalu diajak ke atas panggung oleh Kapolri dan Panglima TNI sambil diiringi oleh salawat. Setibanya di atas panggung, mantan Walikota Solo itu menyalami para pejabat tinggi TNI-Polri.

Ribuan anggota TNI-Polri hadir dalam acara ini. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur'an oleh salah satu anggota Polri.

Dalam kesempatan ini, hadir para menteri kabinet kerja, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar, Habib Luthfi bin Yahya hingga pejabat tinggi TNI-Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.