Sukses

Pesan 8 Kepala Daerah: Gugatan Pemilu Diserahkan Sesuai Hukum yang Berlaku

Para kepala daerah meminta, kalau pun ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu, sebaiknya mengambil jalur yang sesuai dengan konstitusi.

Liputan6.com, Bogor - Delapan kepala daerah dan dua tokoh politik berkumpul di Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/5/2019). Acara digagas oleh Walikota Bogor Bima Arya.

Kepala daerah yang hadir antara lain Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Selain itu ada pula Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Direktur Eksekutif The Wahid Institute Yenny Zanuba Wahid.

Bima pun menyampaikan sejumlah poin-point yang dibahas dalam pertemuan itu. Pada intinya, mereka menyerukan pesan perdamaian.

Dia mengatakan, para tokoh ingin membangun Indonesia dengan mengedepankan kebersamaan dan perdamaian. Kemudian, mengedukasi rakyat Indonesia agar siap berdemokrasi secara sehat.

"Kita ingin membangun gagasan sama ke depan yaitu fokus kepada gagasan-gagasan kebangsaan, fokus kepada nation building," ucap Bima, Rabu (15/5/2019).

Dalam diskusi, para kepala daerah juga membicarakan kondisi Tanah Air pasca pemiu 2019. Menurut dia, para tokoh sepakat mengokohkan kebersamaan. Juga meninimalisir ruang-ruang terjadinya perpecahan.

Ia meminta, kalau pun ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu, sebaiknya mengambil jalur yang sesuai dengan konstitusi.

"22 Mei nanti kita hormati sebagai keputusan dalam konteks konstitusi. Kalau ada gugatan kita melihat harus diserahkan kepada proses hukum yang berlaku sesuai dengan hukum positif dan konstitusi di Indonesia," ucap Bima.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Visi yang Sama

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap seluruh tokoh lain pun mempunya visi yang sama.

"Mudah mudahan teman-teman kita seluruh Indonesia bisa terinspirasi bahwa ini anak bangsa yang ingin damai," ucap dia.

Begitu pun Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia pun akan membagi pesan damai ini ke seluruh pengikutnya di sosial media.

"Ini lah pesan yang ingin disampaikan kepada rakyat di daerah dan netizen yang menjadi follower kami," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.