3 Begal Bacok Pemotor di Depok Diringkus, 1 Pelaku Perempuan

Oleh Ady Anugrahadi pada 15 Mei 2019, 15:10 WIB
Ilustrasi Begal Motor

Liputan6.com, Jakarta - Polisi meringkus tiga anggota komplotan begal saat beraksi di kawasan Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. Mirisnya, satu pelaku yang ditangkap berjenis kelamin perempuan berinisial ST (20).

Peristiwa bermula saat komplotan begal sadis itu beraksi di Jalan Margonda Raya pada Rabu (15/5/2019) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi.

Saat itu, korban berinisial A (25) sedang berbocengan sepeda motor dengan temannya. Saat melintas di depan Perumahan Depok Indah, Jalan Margonda Raya, Depok, korban langsung dipepet dua sepeda motor.

Salah satu pelaku turun membacok pundak sebelah kiri korban menggunakan gergaji es. Sementara temannya terluka di kaki.

"Pelaku masing-masing berboncengan tiga orang," ucap Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Deddy Kurniawan.

Beruntung, aksi pembegalan tersebut diketahui warga. "Pada saat pelaku hendak membawa sepeda motor korban, langsung dikepung dan tiga orang pelaku ditangkap," ujar Dedi.

Saat ini, penyidik Satreskrim Polresta Depok masih memburu tiga anggota komplotan begal lainnya yang berhasil melarikan diri saat dikepung warga.

2 of 3

Tips Aman dari Begal

Ilustrasi Begal Motor
Ilustrasi Begal Motor

Ramadan ini aksi begal makin marak. Begal biasa beraksi pada malam hari, meski ada juga yang terang-terangan melakukan aksinya ketika matahari masih terlihat.

Rabu (15/5/2019), sebuah video percobaan pembegalan viral di media sosial.

Percobaan pembegalan itu terjadi Jalan Sultan Iskandar Muda, pada pukul 01.00 WIB. Tiga orang yang berboncengan dalam satu sepeda motor, memepet seorang pria. Salah satu pelaku berusaha melepas kunci motor korban. Namun, gagal.

Aksi tersebut terekam kamera si pemilik motor yang langsung di unggahnya ke akun Instagram.

Pembegalan juga terjadi Senin 8 April 2019, di Jalan Arjuna, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Korbannya adalah seorang pengemudi ojek online.

Pada saat kejadian, korban didatangi tiga sepeda motor yang dikendarai lima begal. Mereka langsung mengadang dan menyerang sepeda motor korban.

Salah satu pelaku mengambil kunci kontak sepeda motor korban, sedangkan pelaku yang lain mengancam korban dengan menggunakan senjata api dan golok untuk memberikan rasa takut kepada korban dan merampas barang-barang milik korban.

Nah, Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya punya tips berkendara agar aman dari begal. Tips ini diunggah Jatanras Polda Metro Jaya dalam akun Instagramnya.

"Sahabat JATANRAS Polda Metro Jaya, harap selalu waspada dan berhati-hati saat perjalanan pulang larut malam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Berikut beberapa Tips, agar terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan saat perjalanan pulang...," tulisnya.

1. Lampu

Pastikan lampu tengah motor selalu menyala ketika malam dan gunakan lampu sein secara tepat.

2. Jaket

Jaket tak hanya sekedar untuk melindungi tubuh dari angin malam, tapi bisa membuat kita terlihat oleh pengendara lain.

3. Jalan Ramai

Pilihlah sebisa mungkin jalur yang masih ramai. Jangan mengambil rute jalan yang sepi.

4. Cek Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi sepeda motornya tetap prima, baik itu ban, rem, lampu, dan bensin.

5. Pulang Bersama Teman

Terkadang hal ini kerap disepelekan oleh para pengendara motor. Alangkah baiknya jika ada teman-teman yang memiliki tujuan searah agar bisa diajak pulang bersama.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓