Sukses

Banyak Kegiatan Tapi Jarang Sakit, Ini 4 Tips Tetap Bugar dari Jokowi

Presiden Jokowi merupakan sosok pemimpin yang terkenal dengan kebiasaannya blusukan dan slogan "kerja, kerja, kerja".

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merupakan sosok pemimpin yang terkenal dengan kebiasaannya blusukan dan slogan "kerja, kerja, kerja". Di tengah jadwalnya yang padat, Jokowi tetap sehat dan bugar.

Kepada wartawan, mantan Gubernur DKI Jakarta itupun membagikan empat tips agar tak mudah sakit serta menjaga stamina saat melakukan kegiatan yang padat. Apa saja?

"Yang pertama, minum temulawak setiap pagi. Kalau mau agak enak, campur jahe sedikit. Itu yang pertama," ungkap Jokowi saat bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama para wartawan Istana Kepresidenan di Restoran D'Cost VIP Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat, Selasa 14 Mei 2019.

Selain minum temulawak, Jokowi mengungkapkan, mengendapkan pikiran saat banyak persoalan yang tidak juga terselesaikan juga efektif untuk menjaga tubuhnya tetap bugar. Oleh karena itu, dia jarang mencurahkan isi hatinya atau curhat ke orang lain.

Bahkan, dia mengaku jarang curhat kepada sang istri, Iriana Jokowi.

"Bahasa Jawa-nya ngendepke pikir, saat banyak persoalan tidak selesai endapkan pikiran. Itu saja, mengendapkan pikiran," kata Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidur Cukup dan Bersyukur

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyebut rahasia hidup sehatnya adalah tidur cukup. Meski sering berpergian, Jokowi mengaku selalu menyempatkan tidur dalam perjalanan.

"Tidur banyak. Bukan banyak tidur ya. Dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam. Itu cukup," tutur Jokowi.

Rahasia terakhir, lanjut Jokowi, yaitu dengan banyak bersyukur. Jokowi merasa bersyukur lantaran selama menjabat sebagai Presiden dan di tengah aktivitas yang padat, tak pernah mengalami sakit yang mengganggu.

"Kalau sudah mulai terasa tidak enak, saya langsung istirahat, langsung tidur," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini