Sukses

Bambang Soesatyo Dukung Puan Maharani Jadi Ketua DPR

Kata dia, putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu memiliki kompetensi sebagai pimpinan parlemen.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung Puan Maharani sebagai calon penggantinya pada periode 2019-2024 bila ditunjuk PDI Perjuangan sebagai partai yang bakal jadi pemenang pemilu.

"Kalau PDIP menunjuk Puan harus kita dukung. Itu ketentuan politiknya dan saya setuju," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Pria yang karib disapa Bamsoet itu menilai Puan pantas menjadi Ketua DPR. Kata dia, putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu memiliki kompetensi sebagai pimpinan parlemen. "(Puan) berkompeten," imbuhnya.

Munculnya nama Puan Maharani menuai dukungan dari partai politik koalisi Joko Widodo. Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Sekjen Nasdem Johnny G Plate mendukung Puan sebagai Ketua DPR.

Bamsoet menjelaskan, berdasarkan UU MD3 lima partai dengan suara Pemilu tertinggi yang akan menjadi pimpinan. PDIP yang memiliki suara terbanyak, berhak kursi ketua. Termasuk Golkar.

Namun, siapa yang akan mengisi, Bamsoet serahkan kepada partai. Dia enggan menjadi pimpinan DPR.

"Saya sendiri ingin menjadi anggota biasa saja," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Paling Berpeluang

Diberitakan, Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Ahmad Basarah menyebut putri Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani adalah sosok paling berpeluang menjadi Ketua DPR RI.

"Puan Maharani memang kader PDIP yang paling berpeluang untuk menjadi Ketua DPR RI," kata Basarah kepada wartawan, Senin 13 Mei 2019 malam.

Basarah mengatakan, Puan Maharani berpengalaman di eksekutif sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Sedangkan pengalaman di legislatif, Puan menjabat Ketua Fraksi PDIP di DPR RI periode 2009-2014.

"Dan sudah 3 periode menjadi pengurus DPP PDIP," imbuh Basarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.