Cerita 4 Operasi Plastik Ratna Sarumpaet: Dimulai Usia 65 hingga Berbohong

Oleh Ady Anugrahadi pada 14 Mei 2019, 11:12 WIB
Ratna Sarumpaet

Liputan6.com, Jakarta Persidangan penyebaran kabar bohong dengan terdakwa Ratna Sarumpaet berlanjut. Hari ini, persidangan mengagendakan mendengarkan keterangan terdakwa. Di hadapan majelis hakim persidangan, Ratna membeberkan rinci awal mula ia membuat skenario bohong hingga operasi plastik.

Semula hakim menanyakan perihal aktivitas Ratna yang berkaitan dengan Pemilihan Presiden 2019. Ratna menjawab posisi dirinya sebagai tim pemenangan di pasangan calon Prabowo-Sandiaga. Lantas, dalam penjelasan tersebut Ratna membeberkan skenario kabar bohong yang dia buat.

Ratna mengawali ceritanya dengan awal mula dirinya mengoperasi plastik. Usia yang terus bertambah dan perubahan pada wajah mendorong Ratna untuk mengambil tindakan medis melalui operasi plastik.

Meski demikian, langkah tersebut rupanya tidak diketahui oleh keluarga, baik anak atau menantunya. "Saya malu, saya berusaha menutupi. Jadi waktu saya berangkat meninggalkan rumah ke Bina (RS Bina Estetika), saya mengatakan ke Bandung," beber Ratna di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019).

Tangga 21 September 2018 adalah operasi yang keempat. Ratna berangkat menuju RS Bina Estetika seorang diri dengan menggunakan taksi dari kediamannya di Kampung Melayu, Jakarta Timur.

"Itu operasi yang keempat. Terakhir yang ketiga saya tidak ingat persis," ujar Ratna menjawab pertanyaan hakim mengenai operasi keberapa saat itu.

Hakim terus mencecar Ratna seputar operasi plastik dan menanyakan kapan pertama kali dia mengambil tindakan tersebut.

"Waktu umur 65," jawab Ratna saat disinggung pertama kali operasi plastik.

Hakim lantas menanyakan perbedaan setiap operasi plastik dari pertama hingga keempat. Hakim juga menanyakan respons keluarga dari perubahan wajah dari setiap operasi tersebut.

"Dokter selalu mengatakan dampak itu berbeda pada setiap orang. Bisa juga pada satu orang tergantung kondisi. Pernyataan itu sudah diingatkan saya enggak perlu komplain," ujar Ratna.

Sekitar pukul 22.00 WIB, operasi dilakukan. Baru dua hari pascaoperasi Ratna baru bisa membuka hasil operasi. Namun, dia mengaku terkejut dengan hasil operasinya.

"Saya kaget. Tapi dokter mengatakan itu reaksi operasi," kata Ratna.

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓