Ketua DPR: Tak Ada Alasan Gaungkan Gerakan People Power

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 14 Mei 2019, 08:41 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri buka puasa bersama yang digelar Ketua DPR Bambang Soesatyo di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (14/5/2019), kehadiran Jokowi disambut langung Bambang Soesetyo dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Selain Jokowi, hadir pula Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah pejabat negara lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPR menyinggung wacana people power. Menurutnya, tidak ada unsur yang dapat memicu munculnya hal tersebut. Bambang meminta agar elit tidak mengeluarkan pernyataan yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

"Ada beberapa kriteria people power bisa terpenuhi, tapi itu semuanya tidak ada, jadi tak ada alasan untuk menggaungkan people power, kalau itu dipaksakan maka yang rugi adalah rakyat kita sendiri," ucap Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Usai acara, Jokowi dan Bambang menyampaikan mereka sepakat Minggu ini segera dibentuk panitia seleksi pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi).

"Minggu ini Insya Allah kita tanda tangani, ada yang dari akademisi, praktisi, dan pemerintah," ujar Presiden RI Joko Widodo.

Panitia seleksi KPK nantinya akan memilih calon pimpinan KPK untuk menggantikan pimpinan KPK saat ini yang akan habis masa jabatannya akhir tahun ini.