Sukses

PAN Masih Berpeluang Merapat ke Kubu Jokowi

Yoga mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan partainya merapat ke koalisi Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) masih membuka peluang bergabung dengan koalisi pendukung Jokowi. Penentuan langkah politik PAN akan ditentukan usai KPU menetapkan capres dan cawapres terpilih.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi mengungkapkan, bagi PAN berada di dalam atau luar pemerintahan tetap sama-sama memiliki tujuan mulia.

"Setelah tanggal 22 Mei, seperti kata Ketua Umum, Bang Zulhas nanti akan diputuskan di internal partai apakah nanti PAN akan bergabung dengan parpol pemerintah atau PAN akan berada di luar pemerintah," ungkap Yoga di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Menurut Yoga, partainya akan menggelar musyawarah nasional (munas) dan rapat kerja nasional (rakernas) usai KPU menetapkan capres dan cawapres terpilih. Nantinya dalam kegiatan itu juga akan dibahas tentang langkah politik PAN.

"PAN masih membuka peluang untuk bersama-sama dengan pemerintah karena ini adalah merupakan prosedur demokrasi yang setiap lima tahun sekali kita laksanakan. Dan bisa saja dalam periode ini PAN berbeda dengan partai politik yang lain. Tidak menutup kemungkinan dalam lima tahun ke depan PAN juga akan bersama-sama dalam perahu yang sama untuk berkoalisi," jelasnya.

Yoga mengatakan, ada sejumlah hal yang menjadi pertimbangan partainya merapat ke koalisi Jokowi. 

"Jadi karena negara ini negara yang besar, idealnya lembaga-lembaga demokrasi yang ada terutama parpol juga bersatu padu untuk membangun visi Indonesia ke depan," jelasnya.

Yoga menambahkan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan masih membangun komunikasi dengan Presiden Jokowi hingga kini. 

"Jadi proses komunikasi itu sudah berlangsung dan tidak ada perbedaan dari dulu hingga sekarang. Kita tetap kompak, meski berbeda pilihan politik," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Tawaran Kursi

Viva Yoga membantah keinginan merapat ke kubu pemerintah karena ada tawaran kursi pimpinan di parlemen.

"PAN merasa bahwa tanggung jawab parpol itu bagaimana memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. PAN berorientasi ke arah sana. Tidak berorientasi pada kalkulasi politik untuk kedudukan dan sebagainya," ujarnya.

Dia juga membantah Zulhas melobi kursi pimpinan MPR pada Jokowi saat bertemu beberapa waktu lalu. Informasi itu menurutnya hoaks.

Amien Rais yang kerap melontarkan kritik ke pemerintahan Jokowi dinilai menjadi halangan PAN merapat ke kubu pemerintah. Namun, Yoga enggan mengomentari hal itu lebih jauh. Dia hanya menjelaskan, ada mekanisme yang berlaku di internal partai sebelum diputuskan akan bergabung ke kubu mana.

"Itu ditentukan melalui mekanisme rapat partai, apakah di rapat pimpinan nasional atau di rapat kerja nasional PAN. Kalau sudah menjadi keputusan di internal partai, itu nantinya semuanya akan tunduk patuh terhadap keputusan," pungkasnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.