Sukses

Bamsoet Pastikan Pemenang Pemilu Duduki Kursi Ketua DPR 2019-2024

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet parpol pemenang Pemilu 2019 akan menduduki kursi Ketua DPR periode 2019-2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet parpol pemenang Pemilu 2019 akan menduduki kursi Ketua DPR periode 2019-2024. Sebab, ia memastikan tak akan ada perubahan UU MD3 (MPR, DPR, DPD, DPRD).

"Saya sebagai Ketua DPR memastikan tidak ada perubahan yang terkait itu karena saya lah yang meng-goal-kan dan mengubah UU itu agar pemenang pemilu langsung jadi Ketua DPR," jelasnya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Berdasarkan hasil sementara Situng KPU, parpol dengan perolehan suara terbanyak dan diprediksi bakal menjadi pemenang Pemilu 2019 adalah PDIP. Sama seperti Pemilu 2014, PDIP menjadi parpol pemenang namun sampai saat ini kursi Ketua DPR diduduki Partai Golkar.

Bamsoet menyampaikan, untuk kursi pimpinan MPR akan ditetapkan secara musyawarah. Sementara DPR tetap berdasarkan perolehan suara pada Pemilu 2019.

"Kita sesuai dengan UUD MD3. Kita kan sudah sepakat pembentukan Ketua DPR, maka sesuai dengan ketentuan UUD itu, pemenang Pemilu adalah ketuanya, yang (pemenang) dua, tiga, empat, lima itu adalah nomor perolehan suara parpol yang masuk ke DPR," jelasnya.

"Kalau MPR kan secara musyawarah. Kalo MPR koalisi-non koalisi bisa punya kesempatan membuat paket karena kan ada DPD juga," pungkasnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.