Sukses

Cegah Kemacetan, Tol Terbanggi Besar Dibuka Fungsional Saat Mudik

Pembukaan ruas tol akan dimulai pada kilometer 140 hingga kilometer 238.

Liputan6.com, Lampung - Sejumlah ruas tol di wilayah Sumatera akan dibuka secara fungsional pada musim mudik Lebaran 2019 mendatang. Satu di antaranya ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Lampung.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, ruas tol tersebut akan dibuka pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Pembukaan ruas tol akan dimulai pada kilometer 140 hingga kilometer 238. Tol akan difungsikan dua arah.

"Akan beroperasi dari pukul 06.00 hingga 18.00," kata Irjen Refdi di Rest Area 234 Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Lampung, Sabtu (11/5/2019).

Tol tersebut berdampingan dengan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Kilometer 0-140 yang kini sudah dibuka operasional. Sedangkan dari Tol Pematang Panggang hingga Kayu Agung akan difungsionalkan satu arah selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kami siapkan semua rambu-rambu (lalu lintas) yang diperlukan," ucap Refdi seperti dilansir dari Antara.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

H-10 Stop Pengerjaan Tol

Di lokasi yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menambahkan, dari Tol Kayu Agung hingga Palembang juga bakal difungsionalkan untuk keperluan pemudik.

"Jadi jalur ini (Bakauheni) sampai Palembang fungsional. (Beton) sudah rigid, tapi (masih kurang) lampu jalan, rambu lalu lintas, rest area. Makanya belum operasional tapi fungsional," katanya.

Basuki mengatakan, semua pekerjaan jalan Tol Trans Sumatera akan dihentikan pada H-10 Lebaran dan akan dimulai kembali pengerjaannya pada H+10 Lebaran.

Basuki berharap, langkah ini bisa membantu memperlancar kepulangan pemudik menuju kampung halaman.

"Mudah-mudahan dengan fungsionalnya tol bisa membantu masyarakat mudik dengan lebih baik," ucap Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.