Sukses

Eggi Sudjana Jadi Tersangka Kasus Makar, Ini Respons Sandiaga Uno

Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menanggapi penetapan tersangka Eggi Sudjana atas dugaan kasus makar.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno menanggapi penetapan tersangka Eggi Sudjana atas dugaan kasus makar. Dia menegaskan bahwa hukum mesti digunakan seadil-adilnya.

"Ya satu lagi para pendukung kita pendukung Prabowo-Sandi yang terkriminalisasi, saya akan menyatakan sekali lagi bahwa hukum itu harus ditegakkan seadil-adilnya, jangan hanya tajam ke pengkritik dan oposisi, tapi tumpul kepada penguasa dan penjilat," kata Sandiaga di Universitas Bakrie, Karet Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019).

Sandiaga tetap percaya hukum bisa ditegakkan supaya negara bisa adil dan makmur. Namun, menurutnya, masyarakat sudah bisa menilai penegakan hukum yang tebang pilih.

"Walaupun kita percaya proses hukum berjalan, tapi masyarakat akan bisa menilai dengan sendirinya bahwa jika mendukung Prabowo-Sandi pasti akan terancam tindakan tindakan hukum," ucapnya.

Sandi menyerahkan kepada proses hukum yang berjalan terkait penetapan tersangka Eggi. Tetapi, bisa dilihat hal-hal politisasi dan kriminalisasi yang dihadapi para pendukung Prabowo-Sandi. Dia tak ingin hukum jadi memihak.

"Ini yang menurut saya perlu kita cermati dan jangan karena mendukung Prabowo-Sandiaga semua masalah langsung diangkat dari sisi terpolitisasi, terkriminalisasi seperti itu jadi mari kita sama sama tegakkan hukum seadil-adilnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Masalah Demo

Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menilai tak masalah jika Eggi dan Kivlan Zen melakukan unjuk rasa kepada penyelenggara pemilu. Dia mengatakan, bahwa hal tersebut dijamin oleh undang-undang tentang kebebasan berpendapat.

"Kan sudah kita ketahui untuk mengungkapkan suatu kebenaran, suatu pendapat dilindungi oleh undang-undang, jadi selama ini bisa seusai dengan koridor hukum, tentunya kita berikan ruang tersebut," tuturnya.

Bagi Sandi, perbedaan pendapat sangat manusiawi dan justru sangat indah dengan harapan bisa lebih menghargai pendapat orang lain dalam berbangsa dan bernegara.

"Nah kuncinya dalam koridor hukum, kalau Pak Eggi itu kan ahli hukum dia tahu mana yang melanggar mana yang tidak melanggar hukum," tandas Sandiaga Uno.

 

Reporter: M Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini