Begini Skenario Antisipasi Kemacetan Jelang Mudik Lebaran di Tol Trans Jawa

Oleh Maria Flora pada 09 Mei 2019, 14:47 WIB

Liputan6.com, Cipali - Pemerintah terus merancang berbagai skenario mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Tol Trans-Jawa pada arus mudik Lebaran 2019. Penerapan satu arah hingga pemberlakuan nomor polisi ganjil-genap masih dimatangkan.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (9/5/2019), puluhan pekerja terus menggarap Gerbang Tol Cikampek Utama di kilometer 70 Cikampek Karawang, Jawa Barat.

Pekerjaan itu antara lain membuat pintu gerbang tol yang berjumlah 26, baik pintu arah ke Tol Cipali mau pun arah ke Jakarta. Gerbang Cikampek Utama akan menggantikan Gerbang Tol Cikarang Utama di kilometer 29.  

Selain Gerbang Tol Cikampek Utama, pekerjaan lain adalah pengerjaan gerbang Tol Cipularang di kilometer 67 arah ke Bandung. Gerbang tol tersebut akan dilalui kendaraan yang mengarah ke Bandung.  

Sejumlah skenario kini disiapkan mengantisipasi arus mudik Lebaran 2019. Salah satunya dengan menerapkan satu arah atau one way mulai dari Tol Cikampek hingga Exit Brebes Barat kilometer 262.  

Guna mengurai kemacetan akibat penyempitan jalur, Sat Lantas Polres Brebes akan menerapkan sistem one way menjadi pola tiga satu di kilometer 261 sebelum Tol Exit Brebes Barat.  Selanjutnya kembali normal menerapkan sistim dua dua sesudah Tol Exit Brebes Barat.

Pada arus mudik dan balik Lebaran 2019, pengguna jalan Tol Trans-Jawa diperkirakan meningkat signifikan.