Sukses

Bachtiar Nasir Jadi Tersangka, JK: Proses Hukum Berlaku untuk Siapapun

Polisi telah menetapkan Bachtiar Nasir sebagai tersangka

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai penetapan Bachtiar Nasir sebagai tersangka bukan tindakan kriminalisasi ulama. Menurutnya, setiap pelanggaran hukum harus diproses, tanpa memandang siapapun orangnya. 

"Pedagang, orang biasa, ustaz, siapa saja, bahwa kebetulan ada ustaz begitu (ya kena), kalau dia melanggar ya (perlu diproses hukum)," kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Barat, Selasa (7/5/2019). 

Polisi sebelumnya telah menetapkan Bachtiar Nasir sebagai tersangka. Dia diketahui mengelola dana sumbangan masyarakat sekitar Rp 3 miliar di rekening Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS). 

Dana tersebut diklaim Bachtiar digunakan untuk mendanai Aksi 411 dan Aksi 212 pada tahun 2017 serta untuk membantu korban bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh dan bencana banjir di Bima dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetapkan Dua Tersangka

Sejauh ini, penyidik telah menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan TPPU dana yayasan. Mereka adalah petugas bank syariah Islahudin Akbar dan Ketua Yayasan Keadilan untuk Semua Adnin Armas.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Bachtiar Nasir di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, pada Rabu, 8 Mei 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.