Sukses

Anies Pastikan Stok Pangan di Jakarta selama Ramadan Aman

Anies sebelumnya sempat meninjau Pasar Induk Cipinang Senin, 6 Mei 2019. Di sana, ia mengecek harga beras pada bulan Ramadhan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan stok kebutuhan pokok untuk Ramadan dan Lebaran 1440 Hijriah mencukupi.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) telah melakukan berbagai persiapan dengan matang untuk menyambut Ramadan dan Lebaran.

"Alhamdulillah, kebutuhan pokok di Jakarta terjamin. Kita telah melakukan rapat khusus dengan TPID," ujar Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Minggu (6/5/2019).

Anies berkeyakinan, tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di klaster pangan yakni, Perumda Pasar Jaya, PD Dharma Jaya, dan PT Food Station Tjipinang Jaya bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

"Pasokan harus dipastikan terjamin agar harga-harga tetap terjangkau," kata Anies seperti dilansir dari Beritajakarta.id.

Anies sebelumnya sempat meninjau Pasar Induk Cipinang Senin, 6 Mei 2019. Di sana, ia mengecek harga beras pada bulan Ramadan ini.

Dalam kunjungannya itu, dia didampingi oleh Sekretaris Daerah Saefullah, jajaran direksi PT Food Station Tjipinang Jaya serta para pedagang beras.

Sementara itu, Anggota Pengurus Perhimpunan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Billy Haryanto menjamin harga beras stabil hingga lebaran nanti.

"Saya jamin aman,” kata pengusaha beras asal Sragen itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cukup hingga Lebaran

Per 6 Mei 2019, harga beras di laman Food Station Tjipinang Jaya berkisar antara Rp 8.650-13.525. Sedangkan stok beras di Cipinang mencapai 42 ribu ton. Menurut Billy, stok tersebut mencukupi hingga lebaran.

Meski begitu, ia meminta agar pemerintah menerapkan harga eceran tertinggi agar harga terkontrol.

“Biar harga enggak naik turun,” kata dia.

Menurut dia, pemerintah yang bagus adalah pemerintah yang bisa menjaga kesetabilan harga pangan.

"Kalau Anies ingin jadi presiden maka jaga harga pangan di Jakarta,” kata dia sambil berkelakar.

Seperti diberitakan sebelumnya, stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) pada Kamis (18/4) mencapai 43.355. Jumlah itu sangat mencukupi untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran karena jumlah beras yang masuk dan keluar juga masih stabil berkisar 3.000 ton per hari.

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan daging PD Dharma Jaya sudah menyiapkan stok hingga 600 ton menjelang Ramadan. Kemudian, pada pertengahan Mei akan d

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

Video Terkini