Sukses

Sungai Cileungsi Meluap, Ratusan Rumah di Bogor dan Bekasi Terendam Banjir

Adapun wilayah Kabupaten Bogor yang terendam banjir adalah Perumahan Vila Nusa Indah 1 dan Vila Nusa Indah 2, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan rumah warga di wilayah Bogor dan Bekasi, Jawa Barat terendam banjir, Senin (6/5/2019) dini hari. Banjir disebabkan curah hujan tinggi di kawasan hulu Sungai Cileungsi.

Hujan deras terjadi sejak Minggu 5 Mei malam, di sejumlah wilayah Timur perbatasan Kabupaten Bogor dan Bekasi mengakibatkan aliran Sungai Cileungsi meluap.

"Air datang seperti ditumpahkan tiba-tiba sekitar pukul 23.00 WIB, dan puncaknya pada Senin pukul 01.30 WIB menjelang sahur," ujar Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C), Puarman.

Akibat meluapnya sungai Cileungsi, ratusan rumah di dua wilayah perbatasan Bogor dan Bekasi yang selama ini merupakan langganan banjir, terendam air dengan ketinggian antara 30 hingga 100 cm.

Adapun wilayah Kabupaten Bogor yang terendam banjir adalah Perumahan Vila Nusa Indah 1 dan Vila Nusa Indah 2, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Sedangkan di wilayah Bekasi, wilayah yang terendam meliputi Perumahan Vila Jatirasa, Pondok Mitra Lestari, Kemang Ifi Graha serta di Pangkalan 1 A Bantar Gebang dan Teluk Pucung.

"Untuk di wilayah Bogor, genangan air mencapai ketinggian 30-100 cm. Ada sekitar 500 lebih rumah di Vila Nusa Indah terendam," ungkap Puarman.

Hingga pukul 04.30 WIB, air masih menggenangi sejumlah jalanan di perumahan di Vila Nusa Indah 1, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor dan Pangkalan 1 A Bantar Gebang serta Teluk Pucung, Bekasi.

"Untuk wilayah Bogor sudah mulai surut. Hanya masih terjadi genangan di jalanan seperti di Perumahan Vila Nusa Indah 1. Daerah Teluk Pucung Bekasi sampai saat ini masih terendam banjir setinggi dada orang dewasa," ungkap Puarman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.