Sukses

Usai Tarawih, Jokowi Tanya Rencana Pembangunan Stasiun LRT di Bogor

Dedie mengatakan kehadiran LRT dinilai bakal menguntungkan warga Bogor. Pasalnya, LRT mampu mengakomodasi mobilitas 120 ribu warga Bogor per hari.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menunaikan ibadah Salat Tarawih hari pertama bulan Ramadan 1440 Hijriah di Masjid Jenderal Besar Soedirman Kota Bogor Jawa Barat, Minggu (5/5/2019).

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, yang mendampingi dalam ibadah salat tarawih itu mengatakan, Jokowi sempat menanyakan rencana operasional Usai menjalankan salat tarawih, Jokowi sempat membahas mengenai operasional Light Rail Transit (LRT) yang rencanya akan  melewati wilayah Kota Bogor.

"Konsen saya kan soal transportasi, beliau menanyakan tentang dua hal. Pertama kesiapan Kota Bogor terkait dengan 'project' LRT masuk ke Kota Bogor," kata Dedie usai berbincang dengan Jokowi.

Dia mengatakan bahwa Jokowi juga menanyakan lokasi yang akan dijadikan sebagai stasiun LRT jika pembangunannya melewati Kota Bogor.  "Kedua, beliau menanyakan titiknya di mana, stasiunnya nanti di mana. Nanti kita akan koordinasikan dengan pusat," kata Dedie seperti dilansir dari Antara.

Dedie mengatakan kehadiran LRT dinilai bakal menguntungkan warga Bogor. Pasalnya, LRT mampu mengakomodasi mobilitas 120 ribu warga Bogor per hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alihkan Pengendara Pribadi

Dedie memperkirakan bila LRT beroperasi di Bogor, maka akan ada 30 persen pengguna kereta rel listrik (KRL) akan beralih, dan 40 persen pengguna kendaraan roda empat akan beralih ke LRT.

"Kenapa 40 persen? Karena pada tahun 2020 Pemprov DKI Jakarta akan menerapkan sistem Electronic Road Pricing (ERC). Jadi, dari Bogor ke Jakarta para pengguna mobil harus dua kali bayar tol. Ini harus diantisipasi," kata mantan direktur di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Lintas Rel Terpadu Jabodetabek atau disingkat menjadi LRT Jabodetabek adalah lintas rel terpadu yang berada di daerah Jabodetabek.

    LRT

  • LRT di Bogor