PM Inggris Telepon Jokowi, Apresiasi Pemilu 2019 Berlangsung Damai dan Adil

Oleh Lizsa Egeham pada 05 Mei 2019, 15:45 WIB
Diperbarui 05 Mei 2019, 15:45 WIB
Jokowi Pimpin Rapat Kabinet Evaluasi Penangan Bencana Alam
Perbesar
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet pariurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/10). Rapat kabinet pariurna tersebut membahas evaluasi penangan bencana alam. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Kerajaan Inggris, Theresa May, atas suksesnya penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019.

Ucapan tersebut disampaikan melalui sambungan telepon pada Sabtu 4 Mei 2019 sekitar pukul 19.00 WIB di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih, juga menjelaskan bahwa Pemilu pada 17 April 2019 lalu berjalan damai, adil dan transparan," ungkap Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Jokowi juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan pemerintah Kerajaan Inggris dalam proses pelaksanaan pemilu bagi WNI di London.

Di akhir pembicaraannya, kedua pemimpin negara juga sepakat akan terus meningkatkan kerja sama sebagai tanda peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Kerajaan Inggris.

2 dari 3 halaman

Ucapan Selamat dari 30 Negara

Simulasi Pemilu 2019
Perbesar
Warga memasukkan surat suara yang telah dicoblos saat mengikuti simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (10/4). Simulasi dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada 17 April nanti. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, sebanyak 30 negara memberikan ucapan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia berjalan dengan lancar. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Armanatha Nasir mengatakan, ucapan tersebut disampaikan langsung oleh kepala negara dan ada yang melalui sosial media.

Tiga kepala negara yang menyampaikan langsung kepada Jokowi antara lain, PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Erdogan. Mereka secara langsung menelepon Jokowi via telepon, sehari setelah pencoblosan pemilu pada 18 April 2019.

"Memang ada sekitar 20 negara yang menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang lancar, damai dan adil, melalui berbagai cara. Kepala negara yang telp langsung kalau tidak salah Turki, Malaysia, dan Singapore," kata Armantha Nasir kepada Liputan6.com, Sabtu 27 April 2019.

Adapun negara yang mengucapkan selamat atau memberikan komen positif terkait pelaksanaan pemilu Indonesia, baik melalui sosmed, release maupun ke media adalah Inggris, Korea Selatan, Palestina, Denmark, Thailand, Belanda, Afrika Selatan,  Australia, Jerman, Kanada, Turki, dan Spanyol.

Perancis, Amerika Serikat, Afghanistan, Timor Leste, Iran, Singapore, Belgia, Norway, Rusia, Hongaria, Malaysia, Finland, Austria, Myanmar, Mesir, RRT, Vietnam, serta Pakistan juga memberikan selamat kepada Jokowi.

"Ada juga statement dari organisasi Internasional antara lain, UE (Uni Eropa), OKI (Organisasi Konferensi Islam)," sambung Dubes RI untuk Perancis itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓