Sukses

Mendagri: Pemda Harus Bangkit dan Pahami Tatanan New Normal

Tito menilai lomba inovasi daerah berupa pembuatan video menyongsong kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19 yang digelar Kemendagri menarik untuk diikuti.

Liputan6.com, Jakarta - Mendagri Tito Karnavian menyatakan, pemerintah daerah berperan penting dalam menata kehidupan normal baru yang produktif dan aman di tengah pandemi Covid-19. Pemda harus bangkit dengan memahami tatanan baru tersebut.

"Untuk itu, perlu satu narasi diberikan kepada mereka mengapa perlu penyiapan dan sosialisasi sebelum ada kebijakan, sehingga masyarakat memahami yang dimaksud tatanan baru itu seperti apa,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (2/6/2020).

Tito menilai lomba inovasi daerah berupa pembuatan video menyongsong kehidupan normal baru di tengah pandemi Covid-19 yang digelar Kemendagri menarik untuk diikuti. Peserta lomba berasal dari seluruh pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Tito menjelaskan, kegiatan ini untuk mencari model simulasi protokol kesehatan terbaik, ihwal kehidupan normal baru di tengah Covid-19. Karenanya, kepala daerah diimbau mengoordinasikan seluruh jajarannya untuk menyiapkan video simulasi inovasi di tujuh sektor yang dilombakan.

"Kalau bisa dibuat tim kreatif dan bekerja sama dengan pihak terkait," sarannya

Sekjen Kemendagri Hudori menyampaikan, setiap daerah diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Sebabnya, kata Hudori, selain mendapat piagam penghargaan, pemenang juga akan diberikan Dana Insentif Daerah.

Untuk dapat dilakukan penilaian, video terlebih dulu diunggah ke sistem indeks inovasi daerah Kemendagri, paling lambat  8 Juni 2020. Penilaian lomba ini akan mengacu pada beberapa kriteria, di antaranya kesesuaian protokol Covid-19 yang diterapkan, kekuatan ide, dapat direplikasi, dan kerja sama dengan pihak lain. Adapun tim penilai lomba berasal dari Kemendagri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pemenang lomba akan diumumkan secara resmi pada tanggal 15 Juni 2020. Setelah diumumkan, pemenang dapat melihat hasilnya pada website Kemendagri dan website BPP Kemendagri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.