Jalan Trans Sulawesi Mulai Dibuka Usai Terendam Banjir 3 Hari

Oleh Mevi Linawati pada 04 Mei 2019, 13:13 WIB

Liputan6.com, Pasangkayu - Penumpukan kendaraan di wilayah Pasangkayu mulai terurai seiring surutnya banjir yang merendam Jalan Trans Sulawesi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (5/5/2019), banjir hingga ketinggian 2 meter sempat membuat Jalan Trans Sulawesi lumpuh. Pengendara terperangkap kemacetan hingga 4 kilometer di dua arah sejak tiga hari terakhir.

Di Mamuju, Sulawesi Barat, banjir juga mulai surut setelah empat hari terakhir merendam sekolah dan sejumlah fasilitas umum. Kini upaya pembersihan sisa banjir dilakukan.

Siswa dan guru SD Inpres Along-along di Desa Lemoleno Pangale bekerja sama membersihkan sekolah mereka dari lumpur dan sampah yang terbawa banjir.

Sementara, di Lamongan, Jawa Timur, banjir terjadi akibat meluapnya sungai yang melintas di Kecamatan Turi dan Kali Tengah. Permukiman dan ribuan hektare tambak ikan terendam.

Untuk mengurangi kerugian yang lebih tinggi, para petambak memasang jaring agar ikan tidak keluar kolam. Meski banjir terjadi hampir setiap tahun, belum ada solusi dari pemerintah setempat untuk mengatasi banjir.