Sukses

Jokowi Instruksikan TNI-Polri Cegah Gangguan Keamanan saat Ramadan

Jokowi juga mengingatkan agar jajarannya menjaga stabilitas dan ketersediaan harga barang pokok selama ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan TNI dan Polri untuk bersinergi mencegah potensi-potensi gangguan keamanan selama bulan ramadan. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai, hal tersebut perlu dilakukan agar umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin ratas dengan topik 'Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440 H' di Kantor Presiden Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/5/3019).

"Saya minta Polri-TNI untuk terus bersinergi melakukan tindakan-tindakan pencegahan dan penangkapan terhadap setiap potensi gangguan keamanan dan ketertiban selama bulan ramadan sehingga umat Islam bisa menjalankan ibadahnya dengan tenang aman dan nyaman," kata Jokowi.

Dia itu juga mengingatkan agar jajarannya menjaga stabilitas dan ketersediaan harga barang pokok. Kendati ratas ini rutin dilakukan setiap tahun, Jokowi tetap meminta menteri terkait untuk melakukan persiapan dengan detail. Termasuk ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sepanjang jalur mudik.

Selain itu, Jokowi menuturkan saat ini jalan Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Menurutnya, keberadaan tol tersebut sangat membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat perayaan Idul Fitri.

"Juga di Sumatera, Tol Trans Sumatera muga beberapa ruas dari Bakauheni mungkin samlai Palembang juga sudah tersambung sehingga ini juga akan memperlancar arus mudik antar wilayah di Sumatera," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Sembako

Sebelumnya, Jokowi meminta para menterinya untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama bulan ramadan dan menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Yang berkaitan dengan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok yang dibutuhkan rakyat. Betul-betul harus terus kita jaga," ujar Jokowi.

Kendati ratas tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya, Jokowi tetap mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan dengan detail. Terutama yang berkaitan dengan manajemen lapangan.

"Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun di daerah," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.