Sukses

SBY Sumbang Dana Kampanye Partai Demokrat Rp 2,4 Miliar

Secara keseluruhan, lanjut Hinca, dana kampanye digunakan Partai Demokrat berbanding lurus dengan hasil suara yang diperoleh sejauh ini.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat merampungkan laporan dana kampanyenya selama masa Pemilu 2019. Hasilnya, dari total Rp 190 miliar yang dilaporkan, Rp 180 miliarnya diperoleh dari pengumpulan masing-masing para calon anggota legislatifnya.

"Kami menyerahkan dokumen lengkap secara umum biaya yang kami keluarkan untuk kampanye kami yaitu total Rp 190 M, Rp 180 M dari caleg itu sendiri sisanya partai dan perseorangan yang sumbang," kata Hinca di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Secara keseluruhan, lanjut Hinca, dana kampanye digunakan Partai Demokrat berbanding lurus dengan hasil suara yang diperoleh sejauh ini. Angka 8,3 persen dari hasil situng KPU, dinilai Hinca cukup siginifikan.

"Hasil kami angkanya signifikan, karena (pengeluaran) kami sederhana karena iklan kami di TV pun sangat kecil dan secukupnya karena kita lebih sasar lewat baliho spanduk," jelas dia.

Lebih jauh, dana kampanye juga datang dari Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istrinya, Ani Yudhoyono. Masing-masing dari mereka menyumbang Rp 2,485 miliar dan Rp 1 miliar yang masuk kategori sumbangan perseorangan.

Seperti diketahui, tenggat waktu laporan dana akhir kampanye Pemilu 2019 berakhir pada hari ini, Kamis (2/5/2019). KPU meminta seluruh peserta pemilu mau melaporkan dana akhir kampanye mereka tepat waktu.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.