Sukses

Mendes PDTT Apresiasi Kepala Daerah di Indonesia

Pembangunan desa di Indonesia terus berkembang. Hal itu tak lepas dari peran orang-orang yang bertujuan untuk membangun desa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pembangunan desa di Indonesia terus berkembang. Hal itu tak lepas dari peran orang-orang yang bertujuan untuk membangun desa di daerahnya maisng-masing. Salah satu peran yang tak lepas ialah peran para kepala daerah setempat. Mereka selalu berinovasi membangun daerahnya.

Maka dari itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengapresiasi seluruh kinerja yang dilakukan pemerintah daerah melalui penghargaan Government Award 2019.

"Kami mengapresiasi dengan penganugerahan penghargaan ini akan merangsang kepala daerah lain untuk memajukan daerahnya. Selain itu, komitmen kebijakan pemerintahan Joko Widodo mengalokasikan APBN ke daerah lebih besar dari pada ke pusat," ujarnya saat menjadi pembicara dalam acara event Sindo Weekly Government Award 2019 di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (30/4)

Ia melanjutkan, dalam kurun waktu empat tahun pencairan dana desa dengan total Rp 257 Triliun, akan terus dinaikan hingga Rp 400 Triliun. Dana desa pun telah mampu mengurangi kemiskinan di desa lebih besar dari penurunan kemiskinan di kota. Hal tersebut menurutnya tidak terlepas dari komitmen kepala daerah.

"Ekonomi perdesaan tumbuh 5.87 persen pada tahun 2018. Pendapatan per kapita warga desa meningkat sepanjang 2014-2017, rata-rata peningkatan warga desa 6,13% pertahun selama periode 2015-2017," ungkapnya.

Kedepannya, dalam rangka pertumbuhan ekonomi, konektivitas dari kabupaten dan provinsi ke akses tol, pelabuhan, bandara akan diperbaiki, menurutnya, peran dari kepala daerah sangat besar.

"Tahun depan dana desa akan dinaikkan dari Rp70 Triliun menjadi Rp75 Triliun," terangnya.

Ia juga berpesan pada kepala daerah untuk mengembangkan model-model seperti bursa inovasi desa, pelatihan-pelatihan. Dan berharap ada lagi penghargaan untuk desa-desa inovatif untuk meningkatkan perekonomian.

Sindo Weekly Government Award 2019 ini merupakan penghargaan yang keenam dari 2014, ajang ini merupakan penghargaan bagi daerah berprestasi di tingkat kota, kabupaten, provinsi, tujuannya untuk penyemangat bagi daerah lain untuk berinovasi dan berprestasi bagi kesejahteraan masyarakat.

Pimpinan redaksi sindo mengapresiasi kinerja dari berbagai daerah.

Sejak 2014-2018 sudah ada 194 penghargaan pada kepala daerah, gubernur, bupati, dan walikota, pada tahun 2019 ada 31 penghargaan, jadi total 225 penghargaan.

Kabupaten penerima award:

Kabupaten Tapin: kategori pertumbuhan ekonomi

Kabupaten Sumbawa barat: kategori pengentasan kemiskinan

Kabupaten Puncak: kategori infrastruktur

Kabupaten Luwu Timur: kategori infrastruktur

Kabupaten Bulukumba: kategori pariwisata

Kabupaten Musi Bayuasin: kategori inovasi infrastruktur

Kabupaten Tapanuli Utara: kategori Indonesia creative leader

Kabupaten Jayapura: kategori penanganan bencana

Kabupaten Tuban: kategori ketahanan pangan

Kabupaten Pasuruan: kategori layanan publik

Kabupaten Buru Selatan: kategori indonesian innovative leader

Kabupaten Serang: kategori pendidikan

Kabupaten Tangerang: kategori kesehatan

Kota penerima award:

Kota Ambon: kategori kota toleransi

Kota Balikpapan: kategori Indonesian creative leader

Kota Payakumbuh: kategori kota sehat

Kota Manado: kategori Indonesian creative leader

Kota Jayapura: kategori pendidikan

Kota Bontang: kategori inspiring women leader

Kota Medan: kategori Indonesian creative leader

Kota Depok: kategori infrastruktur layanan publik

Kota Malang: kategori inovasi birokrasi

Kota Pangkal pinang: kategori pariwisata

Provinsi penerima award:

Provinsi Jawa Tengah: Indonesian innovative leader

Provinsi Sulawesi utara: kategori jaminan sosial

Provinsi DKI Jakarta: kategori transportasi publik

Provinsi Nusa Tenggara Timur: kategori pengembangan peternakan

Provinsi Jawa Timur: kategori manajemen ketenagakerjaan

Provinsi Jawa Barat: kategori investasi dan indonesian innovative leader

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyerahkan penghargaan Goverment Award 2019 kepada bupati dan walikota di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Tahun ini Goverment Award diberikan kepada 29 kepala daerah yang dinilai berhasil melakukan berbagai inovasi dalam pengeloaan pembangunan di daerahnya.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini