Polda Metro Bentuk Tim Khusus Ungkap Pelaku Vandalisme Saat Hari Buruh

Oleh Liputan6.com pada 02 Mei 2019, 15:13 WIB
Diperbarui 03 Mei 2019, 15:15 WIB
Aksi vandalisme terjadi saat massa buruh berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Polda Metro Jaya membentuk tim khusus untuk ungkap pelaku vandalisme dan juga pengerusakan pagar Halte Tosari, Menteng, Jakarta Pusat. Vandalisme dan pengerusakan itu terjadi saat aksi buruh kemarin.

"Kita sudah bentuk tim khusus untuk penyelidikan terkait itu ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2019). 

Lebih lanjut Argo belum mengetahui apakah kelompok tersebut dikoordinir oleh satu orang atau tidak. Sebab, diduga pelaku di Jakarta sama dengan di Bandung, yakni kelompok Anarcho Syndicalism.

"Masih kita selidiki ya. Sudah di lidik apakah ada kaitan dengan kota-kota besar lainnya atau bahkan apakah ada kaitan dengan jaringan internasional," kata Argo.

Sebelumnya, aksi vandalisme terjadi saat massa buruh berada di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Salah satu anggota massa buruh melakukan coret separator Bus TransJakarta, tepatnya di depan Gedung Kementerian Pariwisata, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Coretan tersebut ditulis dengan pilok berwarna hitam dengan bertuliskan 'Rakyat Anti Kapitalis'. Tak ada satu pun petugas keamanan saat itu. 

2 of 3

Aksi Vandalisme di Patung Kuda

Peringatan May Day Diwarnai Aksi Vandalisme
Pejalan kaki melintas dekat aksi vandalisme yang mewarnai Hari Buruh Internasional atau May Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (1/5/2019). Belum diketahui siapa yang melakukan aksi corat coret di fasilitas publik tersebut. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sementara itu, pihak PT Transjakarta telah melaporkan aksi perusakan pagar pembatas di Halte Transjakarta Tosari, Jakarta Pusat ke Polda Metro Jaya. Perusakan ini terjadi saat memperingati hari buruh kemarin. Laporan ini dibenarkan oleh Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph.

"Sudah (dilaporkan ke Polda Metro Jaya). Tadi malam melaporkan terjadinya perusakan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2019). 

Laporan ini pun dibenarkan oleh Direktur Operasional PT Transjakarta Daud Joseph.

"Sudah (dilaporkan ke Polda Metro Jaya). Tadi malam melaporkan terjadinya perusakan," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2019).

 

Reporter: Ronald Merdeka 

Sumber: Merdeka.com

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by