Walikota Bitung Jadi Inspektur Upacara di Hari Pendidikan Nasional

Oleh stella maris pada 02 Mei 2019, 11:17 WIB
Diperbarui 02 Mei 2019, 12:17 WIB
Pemkot Bitung

Liputan6.com, Jakarta Kemendikbud melalui Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, dalam upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional di Kota Bitung, menyampaikan mengenai perkembangan pendidikan. 

Lomban hadir bersama Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri. Dalam upacara tersebut, Loban bertindak sebagai inspektur upacara dan mengatakan bahwa bangsa ini masih memberi kesempatan untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional. "Sebagaimana diketahui tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki hajar Dewantara."

"Tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional,perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita," kata Lomban

Lanjutnya, sebagaimana disampaikan oleh presiden, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan sumber daya manusia, di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

Terkait itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Sementara dunia pendidikan bergerak dapat mempengaruhi cara hidup, bekerja, dan belajar.

Lomban berharap melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, bangsa bisa lebih konsentrasi melihat potensi pendidikan nasional, untuk membangun sumber daya manusia yang dilandasi karakter kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Lomban juga memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang. "Para pegiat paud, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat," katanya. 

Turut hadir, Ketua TP PKK Kota Bitung, Para Asisten, Staf Ahli dan perangkat Daerah di Lingkungan Pemkot Bitung, Dirut PDAM,para Camat, kepala TK, SD, SMP, dan Guru-guru, Siswa, Mahasiswa, Pramuka, dan Staf khusus di lingkungan Dinas Pendidikan.

 

 

(*)