Sukses

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat pada Kaisar Baru Jepang Naruhito

Jokowi juga memberikan penghargaan kepada Kaisar Akihito yang baru turun takhta.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat kepada Kaisar baru Jepang Naruhito yang baru saja naik takhta.

"Ucapan selamat saya yang paling tulus atas naik tahtanya Kaisar Naruhito," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Kamis, (2/5/2019).

Dengan naiknya Kaisar baru, Jokowi berharap Indonesia dapat terus meningkatkan kemitraan dengan Jepang.

"Dengan masuknya Era Reiwa, Indonesia mengharapkan dapat terus memperkuat kemitraan strategis dengan Jepang, dan bekerja sama dalam mencapai harmoni yang selaras di kawasan dan dunia," ujar Jokowi.

Jokowi juga memberikan penghargaan kepada Kaisar Akihito yang baru turun takhta.

"Dedikasi beliau selama masa kekaisarannya telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di kawasan serta dalam memajukan hubungan antara masyarakat kita," ucap Jokowi.

Naruhito akan mewarisi Imperial Treasures Jepang dalam upacara yang sangat simbolis saat pertama kali mengemban misi kaisar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Era Reiwa

Sejatinya kaisar di Jepang tidak memiliki kekuatan politik tetapi berfungsi sebagai simbol nasional.

Kaisar Akihito yang kini berusia 85 tahun memilih untuk turun takhta karena usia lanjut dan kesehatannya yang memburuk. Ia resmi mengundurkan diri pada Selasa 30 Mei.

"Dengan ini saya berdoa untuk kesejahteraan dan kebahagiaan negara kita dan orang-orang di dunia," katanya dalam pidato terakhirnya.

Era kekaisaran baru Jepang yang kini bernama "Reiwa", menandakan ketertiban dan harmoni, dimulai pada tengah malam waktu setempat, dan akan berlangsung selama masa pemerintahan Naruhito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini