Sukses

Polri Klaim Peringatan Hari Buruh Kemarin Aman

Polri mengklaim peringatan Hari Buruh di Indonesia berlangsung tanpa kejadian menonjol.

Jakarta - Polri mengklaim peringatan Hari Buruh di Indonesia berlangsung tanpa kejadian menonjol. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menjelaskan, peringatan May Day di Jakarta sangat kondusif. Unjuk rasa di delapan titik berjalan damai.

"Tidak ada kejadian menonjol," kata Dedi seperti dikutip dari Jawapos, Kamis, (2/5/2019).

Menurut dia, peringatan May Day di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung juga berlangsung lancar. Bahkan, banyak serikat buruh yang menggelar lomba dan kegiatan sosial.

Polri mengerahkan personel keamanan bersama jajaran TNI dan satpol PP. Kendati peringatan May Day digelar saat penghitungan suara pemilu masih berlangsung, tetap tidak ada gangguan apa pun. "Karena itu, Polri berterima kasih kepada semua pekerja," ucapnya.

Namun, kondisi berbeda terjadi di Bandung. Dua wartawan mengalami kekerasan fisik dan verbal. Mereka adalah wartawan foto Tempo bernama Prima Mulai dan wartawan freelance Iqbal Kusumadireza. Awalnya, Prima dan Iqbal meliput peringatan Hari Buruh di kawasan Gedung Sate.

Mereka memantau pergerakan buruh pada pukul 11.30 WIB. Saat berada di Jalan Singaperbangsa, keduanya melihat keributan antara anggota kepolisian dan massa yang berbaju hitam. Keduanya lantas mengambil gambar peristiwa tersebut.

Setelah itu, mereka pindah lokasi untuk mengabadikan kejadian lain. Namun, tiba-tiba mereka didatangi beberapa polisi.

"Mereka menggunakan sepeda motor KLX berpelat nomor D 5001 TBS," terang Reza.

Polisi itu menanyakan identitas keduanya. Meski telah menunjukkan kartu pers, anggota polisi tersebut tidak peduli. Mereka malah mengambil paksa kamera dua wartawan itu.

"Oknum polisi itu menghapus foto-foto kami," jelasnya. Dalam kejadian tersebut, Reza mengaku mengalami kekerasan fisik. Sedangkan Prima mendapatkan ancaman. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Polisi

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombespol Irman Sugema mengatakan, kejadian itu diduga disebabkan keduanya tidak mengenakan kartu pers. "Karena saat kejadian, kepolisian sedang mengamankan remaja berpakaian hitam. Mereka juga mengambil gambar," tuturnya.

Menurut dia, pihaknya telah berkomunikasi dengan dua wartawan yang menjadi korban tersebut. Soal tindakan kepada anak buahnya yang brutal itu, Irman berjanji memprosesnya sesuai aturan. "Dilihat dulu apakah ini pelanggaran etika atau pidana," ujar Irman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.