Detik-Detik Buruh Bentrok dengan Polisi di Jalan Sudirman-Thamrin

Oleh Maria Flora pada 02 Mei 2019, 07:39 WIB
Diperbarui 02 Mei 2019, 07:39 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan buruh melempari barikade polisi dan nyaris bentrok di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu siang kemarin. Situasi memanas saat massa pengunjuk rasa yang rencananya akan longmarch menuju Istana Negara diadang polisi.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (2/5/2019), banyaknya jumlah buruh yang memaksa menembus barikade polisi membuat pagar pembatas jalur busway rusak.

Kondisi berangsur kondusif setelah polisi akhirnya membuka barikade dan membiarkan massa bergabung dengan massa buruh lainnya di Jalan Medan Merdeka Barat.

Sebelumnya, ribuan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) berkumpul di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Aksi long march ribuan buruh menuju Istana Negara membuat ruas jalan dari Sudirman menuju Bunderan Hotel Indonesia, lumpuh total.

Kemacetan panjang juga terjadi di sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Negara.

Pengalihan arus lalu lintas yang diberlakukan di sejumlah titik memicu kepadatan kendaraan di sejumlah ruas jalan. Selain itu, puluhan bus yang mengangkut massa aksi hari buruh juga memenuhi sebagian besar badan jalan. (Rio Audhitama Sihombing)