Massa Demo Buruh Bubar, Ratusan Pasukan Oranye Bersihkan Lokasi

Oleh Liputan6.com pada 01 Mei 2019, 18:23 WIB
Diperbarui 01 Mei 2019, 18:23 WIB
Demo Buruh, Jalan Thamrin dan Sudirman Macet
Perbesar
Kendaraan terjebak macet satu arah di Jalan Sudirman - MH Thamrin ketika berlangsungnya aksi peringatan Hari Buruh 2019 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (1/5/2019). Kemacetan lalulintas ini diakibatkan aksi buruh yang bergerak menuju Istana Negara. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pasukan oranye atau Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat membersihkan sampah yang tersisa usai peringatan Hari Buruh Internasional di Jakarta, Rabu (1/5/2019).

Berbekal sapu lidi dan sejumlah alat pembersih, ratusan pasukan oranye itu disebar pada beberapa ruas antara lain Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Pengawas Suku Dinas Lingkungan Hidup Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, Aswan mengatakan, pasukan oranye dikerahkan terlebih dahulu ke jalan agar massa segera meninggalkan lokasi aksi.

"Instruksinya dari polisi, pasukan oranye turun dulu, biar massa bubar," kata Aswan saat ditemui di depan Patung Kuda.

2 dari 3 halaman

Bersihkan Taman

Selain membersihkan badan dan tepian jalan, Aswan mengatakan, pasukan oranye juga dikerahkan untuk membersihkan taman, fasilitas umum seperti jembatan penyeberangan dari sampah.

"Kita sebar pasukannya di tiap titik ada empat orang," kata Aswan seperti dilansir dari Antara. 

Sampah yang dibersihkan petugas mencakup bungkus rokok, puntung rokok, sampah plastik, botol minum, kaleng minum kemasan, dan kertas.

Massa mulai berdemonstrasi memperingati Hari Buruh Sedunia di Patung Kuda sejak pukul 10.00 WIB. Mereka membubarkan diri secara individu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓