Sukses

Jurnalis di Hari Buruh: Kritik Jokowi dan Prabowo Diserang Cebong-Kampret

Manan berharap jika pemerintah dapat menjamin kesejahteraan dan keamanan para wartawan saat terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peliputan.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pekerja media yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia turut serta memeriahkan aksi Hari Buruh 2019 di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019).

Dalam aksinya, mereka mekritik masa-masa Pemilu 2019, dengan muncul sebutan 'Cebong' dan 'Kampret'.

'Kritik Jokowi diserang Cebong, Kritik Prabowo diserang Kampret. Stop Doxing dan Persekusi Terhadap Jurnalis. Aliansi Jurnalis Independen' tulis poster yang mereka bawa.

Selain itu, AJI juga membahas akan kekerasan yang dialami oleh wartawan saat meliput.

"Banyak pemukulan terhadap wartawan. 64 kasus kekerasan pada 2018, itu masih tergolong besar. Dan belum lagi kekerasan yang sifatnya non fisik, bullying di media sosial, terutama tahun kemarin," kata Ketua AJI Indonesia, Abdul Manan di lokasi Rabu (1/5/2019).

Manan berharap jika pemerintah dapat menjamin kesejahteraan dan keamanan para wartawan saat terjun langsung ke lapangan untuk melakukan peliputan.

Selama Pilpres 2019 terdapat dua kelompok pendukung dari masing masing Paslon. Untuk pendukung Jokowi Ma'ruf Amin dikenal dengan sebutan 'Cebong' sedangkan Pendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno disebut 'Kampret'.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.