Sukses

Istana Negara Disterilkan, Massa Aksi Buruh Fokus Ke Patung Kuda

Soal penyampaian tuntutan dan aspirasi ke Istana Negara, pihak buruh sudah dikonfirmasi bahwa agenda tersebut ditiadakan.

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian mensterilisasi kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, dari aksi hari buruh. Massa terpusat dan difokuskan di sekitaran Patung Kuda.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (1/5/2019), hingga pukul 10.00 WIB memang tidak ada orasi dan massa yang hadir di sekitaran Istana Negara.

Sementara itu, massa aksi buruh ramai di sekitaran Patung Kuda. Mereka tertib berorasi sambil menunggu rekan buruh dari berbagai daerah dan asosiasi lainnya datang.

Soal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan adanya upaya sterilisasi Istana Negara dari demonstran.

"Ya memang di Patung Kuda saja acaranya. Nggak ada long march," tutur Argo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Soal penyampaian tuntutan dan aspirasi ke Istana Negara, lanjut Argo, dari pihak buruh sudah dikonfirmasi bahwa agenda tersebut ditiadakan.

"Kita sudah komunikasi nggak ada ya," jelas dia.

Sejauh ini, titik aksi buruh sendiri berada di Indoor Tenis Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Di sana diperkirakan ada sebanyak 5 ribu massa buruh.

Sementara di Patung Kuda, estimasi pihak kepolisian ada sekitar 13 ribu massa aksi buruh yang datang dari berbagai daerah dan luar kota.

"Petugas pengamanan yang kita turun kan ada 12 ribu gabungan TNI Polri dibantu dengan Pemda," Argo menandaskan.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.