Massa Buruh Peringati May Day 2019 Mulai Tiba di Kawasan Monas

Oleh Liputan6.com pada 01 Mei 2019, 09:36 WIB
Diperbarui 01 Mei 2019, 09:36 WIB
Massa Buruh Padati Kawasan Patung Kuda-Jakarta- Helmi Fithriansyah-20170501
Perbesar
Massa buruh berjalan memasuki ruas Jalan Medan Merdeka Barat saat perayaan hari Buruh Internasional di Kawasan Patung Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta, Senin (5/1). Ribuan massa buruh ikut dalam perayaan MayDay 2017. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Polisi memperkirakan ada puluhan ribu buruh yang memperingati May Day 2019 di Jakarta. Sebagian massa pun sudah mulai berdatangan di sekitar kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Rabu (1/5/2019).

Mereka datang berombongan sambil membawa bendera organisasi buruh masing-masing. Massa buruh juga bernyanyi untuk membakar semangat.

Sementara, sudah banyak aparat keamanan gabungan yang berjaga-jaga di lokasi. Demikian pula di kawasan Kedutaan Besar Amerika Serikat sampai Gedung Balai Kota DKI Jakarta, aparat keamanan dilengkapi beberapa unit kendaraan taktis sudah bersiaga.

Seperti dilansir Antara, Arus lalu lintas dari arah Gambir menuju Jalan Merdeka Selatan terpantau masih dibuka untuk kendaraan.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

2 dari 3 halaman

Kawat Berduri

Antisipasi demonstrasi buruh, polisi melakukan penutupan jalur dengan memasang kawat berduri di kawasan Istana Kepresidenan. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)
Perbesar
Antisipasi demonstrasi buruh, polisi melakukan penutupan jalur dengan memasang kawat berduri di kawasan Istana Kepresidenan. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Peringatan Hari Buruh Internasioal dirayakan para buruh dengan berdemonstrasi di sejumlah titik. Salah satunya di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Untuk mengamankan kawasan kantor Presiden Jokowi, polisi melakukan penutupan jalur dengan memasang kawat berduri. Pantauan Liputan6.com, Rabu (1/5/2019), seluruh jalan menuju Istana Negara ditutup.

Lalu lintas pun dialihkan ke jalur alternatif sekitar. Lokasi yang ditutup kawat berduri ada tiga titik. Mulai dari Jalan Medan Merdeka Utara depan Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Barat kawasan Patung Kuda, dan Jalan Majapahit dekat Harmoni arah Istana Negara.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓