Sukses

Ibu Kota Pindah ke Luar Pulau Jawa

Ada beragam faktor yang memicu keputusan ibu kota pindah. Karena itu, empat kota layak dipertimbangkan menggantikan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Wacana ibu kota pindah kembali mengemuka. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya menyetujui rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa.

Ada beragam faktor yang memicu keputusan ibu kota pindah. Mulai dari faktor historis, hingga fakta Jakarta sudah terlalu ramai dan menghadapi masalah kemacetan dan banjir.

Lantaran itulah, empat kota di luar Pulau Jawa layak dipertimbangkan sebagai alternatif ibu kota baru. Salah satu kota bahkan sempat digagas saat Presiden Sukarno berkuasa.

Sebelum menentukan ibu kota pindah ke mana, Indonesia dapat mencontoh delapan negara yang sukses mengalihkan pusat pemerintahannya. Simak dalam Infografis berikut ini:

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.