BMKG: Jakarta Masih Berpotensi Hujan Lebat hingga 6 Mei

Oleh Muhammad Ali pada 30 Apr 2019, 15:10 WIB
Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan dari hasil pengamatan kondisi atmosfer terkini, terpantau masih adanya aktivitas MJO (Madden Julian Oscillation) di wilayah Indonesia bagian timur.

Hal ini mengakibatkan pembentukan beberapa sirkulasi siklonik diwilayah Laut Sulawesi, Perairan Utara Jawa Timur dan Laut Arafura, serta adanya daerah pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut diprakirakan akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian timur pada periode akhir bulan April hingga awal Mei 2019," ujar Kepala Bidang Humas BMKG Taufan Maulana, Selasa (30/4/2019).

Dia merinci wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode 30 April - 6 Mei 2019. Yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan.

"Selain itu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Maluku, Papua Barat, Papua," ujar dia.

 

2 of 3

Daerah Terjadi Angin Kencang

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan
Awan mendung menggelayut di langit Jakarta, Kamis (1/2). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi curah hujan dari sedang hingga tinggi akan terjadi hingga 1 minggu ke depan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sedangkan wilayah yang berpotensi terjadi angin kencang pada periode 30 April - 06 Mei 2019 adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Untuk wilayah perairan yang memiliki potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan terjadi di Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Utara Manokwari, Samudera Pasifik Utara Manokwari hingga Biak, Perairan Utara Biak," ujar dia.

BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk wilayah-wilayah yang telah mendapat hujan berintensitas tinggi dalam beberapa hari ke depan.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓