Petani Keluhkan Bantuan Kredit Perbankan, OJK dan KEIN Lakukan Hal Ini

Oleh Maria Flora pada 30 Apr 2019, 07:29 WIB
Diperbarui 30 Apr 2019, 07:29 WIB

Fokus, Jakarta - Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Komite Ekonomi dan Industri Nasional atau KEIN ini mengambil tema strategi permodalan yang berkelanjutan dalam pengembangan agribisnis padi.

Menurut Ketua Pokja Pangan, Industri Pertanian, dan Kehutanan KEIN Benny Pasaribu menyatakan, tema ini sengaja diambil untuk menyelesaikan persoalan bantuan kredit perbankan yang banyak dikeluhkan petani padi di Indonesia.

"Kita ingin melihat permasalahannya ini seperti apa dan jalan keluarnya seperti apa," ujar Benny, seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (30/4/2019). 

Terkait langkah KEIN di sektor pertanian ini, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan akan memberikan dukungan dan diharapkan mampu meningkatkan produksi pertanian.

"Tentunya ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, harus ada integrasi kebijakan dari berbagai kelembagaan," jelas Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Slamet Edi Purnomo.

Berbagai gagasan mengemuka di forum diskusi ini. Nantinya semua gagasan tersebut akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.