Sukses

PDIP Ucapkan Selamat ke Gerindra dan PKS karena Lolos Ambang Batas Parlemen

Hasto menilai Gerindra dan PKS pasti puas dengan pemilu yang jujur dan adil.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat kepada seluruh parpol yang lolos parlemen pada Pemilu 2019.

Diketahui berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei dan hasil rekapitulasi sementara KPU, selain PDIP, yang lolos ke Senayan di antaranya Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PKS, Demokrat, PAN, dan PPP.

"PDI Perjuangan juga mengucapkan selamat bagi seluruh Parpol KIK (Koalisi Indonesia Kerja), termasuk parpol yang mendukung Pak Prabowo Sandi yang telah mencapai hasil terbaik dalam pemilu jurdil sehingga banyak yang lolos treshold. Kami meyakini bahwa Gerindra dan PKS pun puas dengan hasil pemilu yang telah memberikan penambahan kursi bagi kedua partai tersebut," ucap Hasto dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/4/2019).

Dia menuturkan, tanpa pemilu yang jujur, adil dan demokratis, tak mungkin Gerindra dan PKS mendapat suara yang sangat signifikan.

"Tanpa pemilu jurdil dan demokratis, mustahil Gerindra dan PKS bisa melenggang dengan penambahan kursi yang signifikan tersebut," jelas Hasto.

Dia juga menilai, proses rekapitulasi manual secara berjenjang, semakin memastikan kemenangan paslon Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Sekali lagi terbukti bahwa QC (quick count) tidak pernah meleset karena bertumpu pada metode ilmiah, dan sangat akurat, karena seluruh data diambil berdasarkan dokumen otentik C1 Plano. Hasilnya, kemenangan rakyat semakin mengukuhkan kepemimpinan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dengan selisih suara diperkirakan lebih dari 18,5 juta suara," ungkap Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Semakin Solid

Sekretaris Jenderal Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf ini juga menyampaikan, apa yang nampak dari hasil pemilu serentak tersebut, menunjukkan peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia. Berupa optimisme hadirnya pemerintahan yang semakin solid, efektif, dengan koalisi yang dibangun matang jauh sebelum tahapan pemilu berlangsung.

"Pemerintahan kedua Pak Jokowi tidak hanya makin efektif dan solid. Konfigurasi politik pun semakin matang dimana legitimasi yang diberikan rakyat ke Jokowi-KH Ma'ruf Amin senafas dengan kuatnya dukungan di DPR. Simulasi berdasarkan quick count yang kami lakukan disetiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60,7 persen. Suatu dukungan yang akan memperkuat sistem presidensial. Selamat buat Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.