Sukses

Banjir Perlahan Surut, Warga Kebon Pala Mulai Bersihkan Rumah

Mereka kesulitan mendapat air bersih dan perlu bolak-balik menyiram lumpur dengan air selokan dan air banjir yang surut.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur mulai berbenah dari terjangan banjir. Air yang perlahan surut membuat sebagian warga mulai membersihkan sampah dan lumpur yang mengendap di dalam kediamannya.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (27/4/2019), warga masih sibuk berbenah hingga pukul 14.30 WIB. Mereka menggunakan alat seadanya mulai dari sapu lidi, pengki, serokan air, hingga panci.

Lumpur merah menjadi lawan warga. Terlebih, mereka kesulitan air bersih dan perlu bolak-balik menyiram dengan air selokan dan air banjir yang surut.

Salah satu warga, Unus Buhari menyampaikan, dia bersama keluarga bertahan di lantai dua selama banjir. Ketinggian air saat itu mencapai 2 meter lebih.

"Ya berenang kalau ke mana-mana," tutur Unus saat berbincang dengan Liputan6.com di depan kediamannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Setinggi pada 2013

Banjir tahun ini memang tidak setinggi 2013 lalu. Namun rasa was-was tetap menghantui warga dan bersiap untuk mengungsi.

"Ngungsi di SDN 01 Kebon Pala," jelas Unus.

Warga lainnya, Herman (33) menambahkan, mereka sudah makan asam garam menghadapi banjir. Meski tergolong musibah, masyarakat Kebon Pala bisa tetap sibuk bebersih rumah.

"Biasa ini mas. Nikmatin aja," kata Herman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.