Sukses

Banyuwangi Segera Memiliki SMK Kopi dan SMK Cokelat, Izin Pendirian Sebagai BULD

Gubernur Jawa Timur Khofifah menegaskan bahwa sekolah program vokasi seperti SMK Kopi dan SMK Cokelat di Banyuwangi akan dibangun dalam bentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Liputan6.com, Jakarta Begitu besarnya pasar kopi dan cokelat telah mendorong pemerintah pusat dan daerah mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang fokus pada pemberdayaan komoditas kopi dan cokelat. Salah satunya adalah Banyuwangi, daerah pengekspor Kopi dan kakao sebagai bahan baku cokelat.

Tidak lama lagi, masyarakat Banyuwangi bakal segera bisa menikmati fasilitas pendidikan vokasional bidang khusus kopi dan cokelat. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa izin pendirian SMK Kopi dan SMK Cokelat akan segera dikeluarkan dalam bentuk Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Alhamdulillah, Ibu Gubernur sudah memastikan mendukung pengembangan SMK khusus kopi dan cokelat di Banyuwangi. Ini semakin menyemangati Banyuwangi agar anak-anak SMK bisa mengoptimalkan potensi kopi dan kakao yang melimpah menjadi bisnis yang menjanjikan," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (26/4/2019).

Pengelolaan lembaga pendidikan setingkat SMA dan SMK memang berada di bawah Pemprov Jatim. Saat berada di Banyuwangi, Kamis (25/4/2019), Khofifah memang menyatakan langsung memproses perizinan pengembangan SMK kopi dan cokelat di Banyuwangi.

"Begitu tadi mendengar dari Bupati Anas soal SMK Kopi dan SMK Cokelat, saya langsung mengirim pesan ke Kepala Dinas Pendidikan supaya izinnya segera dikeluarkan. Lembaga pendidikan ini akan menambah pilihan pendidikan kejuruan bagi anak-anak yang ingin spesifik mengembangkan keterampilan di bidang kopi dan cokelat," kata Khofifah.

Khofifah juga menegaskan bahwa sekolah program vokasi di Banyuwangi itu akan dibangun dalam bentuk BLUD. Mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri, BLUD dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang atau jasa tanpa mengutamakan mencari keuntungan. Dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Ditambahkan Khofifah, dengan menjadikan SMK sebagai BULD maka akan bisa lebih mengoptimalkan potensi siswa.

"Kita harus menyiapkan SDM yang memiliki talenta kuat sejak dini. Mereka harus diberikan ruang agar bisa sukses sejak muda. Nah dengan bentuk BLUD, mereka bisa mendapatkan pendapatan sehingga bisa ada kemandirian," kata Khofifah.

Saat ini, Pemkab Banyuwangi juga menggandeng BUMN PT Perkebunan Nusantara XII dan sejumlah bank BUMN untuk melatih santri dan pelajar SMK dalam program pengembangan kopi dan cokelat.

"Kopi dan kakao sebagai bahan baku cokelat dari Banyuwangi telah banyak diekspor. Tapi kami berharap pengembangan ke depan kian inklusif, melibatkan anak-anak muda, tidak harus terikat ke perusahaan besar. Maka kita siapkan SDM-nya melalui SMK. Dan Bu Khofifah sangat responsif, jadi sudah nyambung, tinggal kita percepat eksekusinya," ujarnya.

Anas yakin, dengan SMK kopi dan cokelat, bakal lahir banyak pengusaha muda di bidang tersebut.

"Pasarnya sangat luas. Konsumsi kopi dan cokelat warga Indonesia sangat rendah, jadi pasarnya sangat terbuka. Belum lagi pasar ekspor. Insya Allah ini dua tahun ke depan dari SMK itu sudah bisa ikut mengangkat kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.