Sukses

BNPB: Anjing Pelacak Indonesia Terbaik di Asia-Pasifik

Anjing pelacak bisa menemukan korban dalam waktu kurang dari empat menit di area seluas satu hektare.

Liputan6.com, Bandung - Anjing pelacak yang dimiliki oleh Jakarta Rescue diklaim merupakan anjing terbaik se-Asia-Pasifik. Anjing tersebut, bisa menemukan korban dalam waktu kurang dari empat menit di area seluas satu hektare.

Hal tersebut disampaikan anggota Tim Pengarah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), R Hardianto Wardjaman saat mengisi materi diklat teknis penanggulangan bencana di Hotel Grend Setiabudi, Bandung, Kamis 25 April 2019.

"Anjing Indonesia dalam satu hektare mampu menemukan korban hanya dalam waktu tiga setengah menit, sehingga United Nations menyatakan bahwa 2019 ini anjing pelacak Indonesia terbaik se-Asia-Pasifik," kata Hardianto.

Hardianto mengatakan, standar dunia bagi anjing pelacak untuk menemukan korban dalam area seluas satu hektare adalah 20 menit. Namun anjing pelacak yang dimiliki oleh Jakarta Rescue jauh lebih cepat.

"Nah alat yang mendeteksi korban bencana 99,9 persen adalah anjing pelacak. Blood Detector masih dibilang kurang ampuh. Kami punya alat itu, Basarnas punya alat itu, BNPB punya alat itu, masih kurang ampuh. Ternyata menurut mereka yang ampuh adalah anjing pelacak" kata Hardianto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.