Sukses

Top 3 News: Ini Wilayah yang Berpeluang Gelombang Tinggi hingga 4 Meter

Pola dan kecepatan anginlah yang diduga membuat gelombang tinggi bisa terjadi. Bahkan ketinggiannya bisa mencapai 4 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini mengungkap prediksi BMKG akan gelombang tinggi yang mengintai Tanah Air. Disebutkan cuaca ekstrem tersebut akan terjadi dalam kurun waktu hingga tiga hari ke depan. Dimulai dari 24 April - 27 April 2019.

Menurut Kepala Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko, pola dan kecepatan anginlah yang membuat gelombang tinggi bisa terjadi. Bahkan ketinggiannya bisa mencapai 4 meter.

Daerah mana sajakah gelombang tinggi akan menerjang perairan Indonesia?

Sementara itu, lewat laman resminya BMKG juga melaporkan gempa 5,2 mengguncang Daruba, Maluku Utara. Lindu terjadi pada pukul 09.17 WIB, Rabu, 24 April kemarin.

Gempa tak berpotensi tsunami dan belum ada laporan terkait korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Rabu, 24 April 2019:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memberi peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Indonesia untuk tiga hari kedepan, yakni mulai 24-27 April 2019.

Berdasarkan siaran pers dari BMKG, kondisi tersebut diakibatkan adanya tekanan rendah 105 hPa di Samudera Hindia Barat Lampung.

Akibatnya, pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya bergerak dari Timur laut-Tenggara dengan kecepatan 3-25 knot. Sedangkan untuk wilayah selatan Indonesia umumnya angin bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 3-25 knot.

Kondisi itulah yang menyebabkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar beberapa wilayah di Indonesia.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Magnitudo 5,2 Goyang Daruba Maluku Utara

Gempa dengan magnitudo 5,2 menggoyang wilayah Daruba, Maluku Utara, Rabu (24/4/2019) sekitar pukul 09.17 WIB. 

Sumber Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa berlokasi di 2,29 Lintang Utara, 128,15 Bjur Timur dengan kedalaman 100 kilometer.

BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Farhat Abbas Akan Laporkan Prabowo karena Klaim Menang Pilpres

Anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Farhat Abbas berencana melaporkan capres Prabowo Subianto karena mengklaim menang Pilpres 2019 dengan perolehan suara sekitar 62 persen.

Farhat menilai, pernyataan atau pidato Prabowo yang mengklaim kemenangannya termasuk kategori berita bohong. Demikian disampaikan Farhat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

"Bahkan kemungkinan kita akan laporkan kembali kasus mengaku sebagai presiden dan sudah siap dilantik," lanjutnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.