Sukses

Menko Polhukam, Mendagri, dan Moeldoko Gelar Rapat Pascapemilu

Wiranto sangat bersyukur pemilu telah terlaksana dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menggelar rapat koordinasi khusus bersama Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, dan Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Rapat yang membahas pascapemungutan suara Pemilu 2019 itu berlangsung di Kantor Menko Polhukam.

"Kita akan melakukan rapat koordinasi tentang hal-hal apa yang harus kita lakukan untuk bisa menjaga agar pemilu yang damai ini berlanjut sampai nanti hasil akhir diumumkan selambat-lambatnya pada 22 Mei," kata Wiranto saat membuka rapat di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Ada beberapa hal yang dibahas. Mulai dari hoaks, serta tuduhan-tuduhan tentang adanya konspirasi-konspirasi pemilu. Tidak hanya itu, mereka juga akan membahas terkait soal masa penghitungan suara dan finansial dari KPU.

"Tentang hoaks, tuduhan-tuduhan tentang adanya konspirasi-konspirasi pemilu dan sebagainya. Kita banyak mendengarkan berbagai tanggapan-tanggapan dan bahkan beberapa tuduhan ya. Hal yang sangat prinsipil, melaksanakan pemilu serentak 2019," ucap Wiranto.

Pemilihan serentak dinilainya cukup kompleks dan sangat rumit. Namun, Wiranto sangat bersyukur pelaksanaan pemilu terlaksana dengan baik. Pemerintah pun, kata dia, terus mengawal penghitungan suara oleh KPU. Pihaknya juga akan mengawal segala intervensi-intervensi yang dapat mengganggu aktivitas KPU di daerah maupun pusat.

"Kita sudah mendapatkan apresiasi dari banyak negara. Dan kita bersyukur bahwa yang dulu diisukan adanya kerusuhan, hal-hal yang mengganggu keamanan pelaksanaan pemilu ternyata tidak terjadi pada saat pelaksanaan pemilu," kata Wiranto.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.